BLOG

Contoh CV Bahasa Inggris & Tips Membuatnya

Avatar photo
Author - Tipscermat.com

Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah Mada

Dosen Educational Sciences at Universitas Indonesia

English Teacher at Ruangguru.com

Content Writer at Kompas.com

Menggeluti bidang pendidikan dan informasi pendidikan seputar universitas, beasiswa, jurusan kuliah, dan berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris sejak tahun 2019.

Avatar photo
Author - Tipscermat.com

Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah Mada

Dosen Educational Sciences at Universitas Indonesia

English Teacher at Ruangguru.com

Content Writer at Kompas.com

Menggeluti bidang pendidikan dan informasi pendidikan seputar universitas, beasiswa, jurusan kuliah, dan berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris sejak tahun 2019.

TIPSCERMAT – CV bahasa inggris atau Curriculum Vitae merupakan salah satu hal penting dalam mencari pekerjaan. Apalagi jika kamu ingin bekerja di perusahaan multinasional atau luar negeri, pasti dibutuhkan CV dalam bahasa Inggris. Membuat CV dalam bahasa Inggris mungkin terdengar sulit bagi sebagian orang, namun sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah jika kamu tahu caranya.

1. Pahami Tipe CV Bahasa Inggris

Sebelum membuat CV bahasa Inggris, kamu perlu memahami tipe-tipe CV yang ada. Ada tiga tipe CV bahasa Inggris yang umum digunakan, yaitu:

  • Chronological CV: Merupakan tipe CV yang menyusun pengalaman kerja berdasarkan waktu, mulai dari pengalaman kerja yang paling baru hingga yang paling lama.
  • Functional CV: Merupakan tipe CV yang menonjolkan keterampilan dan kemampuan yang dimiliki oleh pelamar, tanpa terlalu fokus pada pengalaman kerja.
  • Combination CV: Merupakan kombinasi antara tipe chronological dan functional, di mana pengalaman kerja dan keterampilan disusun secara seimbang.

2. Tentukan Format dan Desain CV

Setelah memahami tipe CV, langkah selanjutnya adalah menentukan format dan desain CV yang ingin kamu gunakan. Format dan desain CV harus sesuai dengan profesi dan perusahaan yang kamu tuju. Misalnya, jika kamu ingin bekerja di bidang kreatif, maka desain CV yang kreatif dan unik bisa menjadi nilai tambah.

BACA INI :  25 Contoh Teks Eksposisi Lengkap Terstruktur

3. Isi CV dengan Informasi yang Relevan

Isi CV dengan informasi yang relevan dan penting bagi perusahaan yang kamu tuju. Informasi yang harus ada di dalam CV antara lain:

  • Personal information: Nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email.
  • Objective: Tujuan kamu dalam melamar pekerjaan.
  • Education: Riwayat pendidikan mulai dari yang terakhir hingga yang pertama.
  • Work experience: Pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.
  • Skills: Kemampuan dan keahlian yang kamu miliki, terutama yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.
  • Awards and achievements: Prestasi yang pernah kamu raih.
  • References: Informasi kontak dari orang-orang yang bisa memberikan referensi tentang kamu.

4. Gunakan Bahasa Inggris yang Benar

cv yang singkat dan padat
contoh cv bahasa inggris

Pastikan menggunakan bahasa Inggris yang benar dan jangan sampai ada kesalahan tata bahasa atau ejaan. Jika perlu, minta bantuan orang yang ahli dalam bahasa Inggris untuk memeriksa CV yang kamu buat.

5. Gunakan Action Words

Gunakan action words atau kata kerja yang kuat dalam CV kamu, seperti achieved, developed, managed, dan lain-lain. Hal ini dapat menunjukkan kemampuan dan prestasi yang kamu miliki.

6. Gunakan Format yang Mudah Dibaca

Gunakan format yang mudah dibaca dan jangan terlalu ramai dengan informasi yang tidak relevan. Hindari menggunakan font yang terlalu kecil atau warna yang terlalu mencolok.

7. Buat CV Sesuai dengan Perusahaan yang Kamu Tuju

Setiap perusahaan memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, buatlah CV bahasa inggris yang sesuai dengan perusahaan yang kamu tuju. Lakukan riset terlebih dahulu tentang perusahaan tersebut, termasuk visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan.

8. Sertakan Foto dalam CV

foto cv bahasa inggris
contoh cv bahasa inggris

Sertakan foto dalam CV yang kamu buat, namun pastikan foto tersebut bersifat formal dan professional. Hindari menggunakan foto selfie atau foto yang terlalu casual.

9. Buat CV yang Singkat dan Padat

Buat CV yang singkat dan padat, jangan terlalu panjang dan mencantumkan informasi yang tidak relevan. CV bahasa inggris yang terlalu panjang dan bertele-tele akan membuat perusahaan kehilangan minat untuk membacanya.

BACA INI :  500 Soal Tes Bahasa Inggris BUMN PDF

10. Gunakan Tabel untuk Menyusun Informasi

tabel cv bahasa inggris
contoh cv bahasa inggris

Untuk memudahkan pembacaan, kamu dapat menggunakan tabel untuk menyusun informasi seperti pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan. Tabel juga dapat membuat CV kamu terlihat lebih rapi dan mudah dibaca.

11. Jangan Menyertakan Informasi yang Tidak Relevan

Jangan menyertakan informasi yang tidak relevan dengan posisi yang kamu lamar. Ini hanya akan membuang-buang ruang dalam CV bahasa inggris kamu dan membuat perusahaan tidak tertarik untuk membacanya.

12. Gunakan CV dalam Bentuk PDF

cv dalam bentuk pdf
contoh cv bahasa inggris

Gunakan CV dalam bentuk PDF untuk memastikan format dan tampilan yang kamu buat tidak berubah ketika dibuka di komputer yang berbeda. Hindari menggunakan format dokumen seperti Word atau Excel yang dapat berubah tampilannya di komputer yang berbeda.

13. Periksa Kembali CV yang Sudah Dibuat

Setelah selesai membuat CV, periksa kembali CV tersebut untuk memastikan tidak ada kesalahan tata bahasa, ejaan, atau informasi yang salah. Jangan sampai kesalahan tersebut membuat CV kamu ditolak oleh perusahaan.

14. Berikan Kontak yang Mudah Dihubungi

Pastikan menyertakan informasi kontak yang mudah dihubungi seperti nomor telepon dan alamat email. Ini akan memudahkan perusahaan untuk menghubungi kamu jika diperlukan.

15. Jangan Gunakan Bahasa yang Terlalu Formal atau Terlalu Santai

bahasa formal dan santai cv bahasa inggris
contoh cv bahasa inggris

Pastikan menggunakan bahasa yang tepat dan tidak terlalu formal atau terlalu santai. Gunakan bahasa yang sopan dan professional namun tetap mudah dipahami.

16. Hindari Kesalahan yang Sering Terjadi dalam CV

Hindari kesalahan yang sering terjadi dalam membuat CV seperti mencantumkan informasi yang tidak relevan, menggunakan bahasa yang tidak tepat, atau menyertakan informasi yang salah. Periksa kembali CV bahasa inggris kamu untuk memastikan tidak ada kesalahan yang dapat membuat perusahaan tidak tertarik untuk menerima kamu sebagai karyawan.

17. Gunakan Format yang Mudah Dibaca

Pastikan menggunakan format yang mudah dibaca seperti font yang cukup besar dan jarak antar paragraf yang cukup. Format yang mudah dibaca akan membuat perusahaan lebih tertarik untuk membaca CV kamu hingga selesai.

18. Hindari Menggunakan Kata yang Terlalu Banyak

Hindari menggunakan kata yang terlalu banyak dan tidak perlu dalam CV kamu. Ini hanya akan membuang-buang ruang dalam CV bahasa inggris kamu dan membuat perusahaan tidak tertarik untuk membacanya.

BACA INI :  10 Buku Belajar Bahasa Inggris Terbaik

19. Gunakan Bahasa Inggris dengan Benar

Gunakan bahasa Inggris dengan benar dan hindari kesalahan tata bahasa dan ejaan. Perusahaan akan lebih tertarik pada CV yang ditulis dengan bahasa Inggris yang benar dan mudah dipahami.

20. Sertakan Pengalaman Kerja yang Relevan

Sertakan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Ini akan membuat perusahaan lebih tertarik untuk menerima kamu sebagai karyawan karena kamu sudah memiliki pengalaman yang sesuai dengan posisi tersebut.

21. Sertakan Pendidikan yang Relevan

Sertakan pendidikan yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Pendidikan yang relevan akan membuat perusahaan lebih tertarik untuk menerima kamu sebagai karyawan karena kamu sudah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan posisi tersebut.

22. Sertakan Keterampilan yang Relevan

Sertakan keterampilan yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Keterampilan yang relevan akan membuat perusahaan lebih tertarik untuk menerima kamu sebagai karyawan karena kamu sudah memiliki kemampuan yang sesuai dengan posisi tersebut.

23. Sertakan Referensi

referensi cv bahasa inggris
contoh cv bahasa inggris

Sertakan referensi dari orang-orang yang bisa memberikan rekomendasi tentang kamu. Referensi yang baik akan meningkatkan peluang kamu untuk diterima sebagai karyawan.

24. Periksa Kembali CV Kamu

Setelah selesai menulis CV kamu, periksa kembali CV kamu untuk memastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan yang dapat membuat perusahaan tidak tertarik untuk menerima kamu sebagai karyawan.

25. Simpan CV Kamu dengan Format yang Benar

Simpan CV kamu dengan format yang benar seperti PDF atau Microsoft Word. Ini akan memudahkan perusahaan untuk membuka dan membaca CV bahasa inggris kamu.

26. Kirimkan CV Kamu dengan Surat Lamaran Kerja yang Baik

Setelah selesai menulis CV kamu, kirimkan CV kamu dengan surat lamaran kerja yang baik. Surat lamaran kerja yang baik akan menunjukkan motivasi kamu untuk bekerja dan meningkatkan peluang kamu untuk diterima sebagai karyawan.

27. Jangan Lupa Follow Up

follow up cv bahasa inggris
contoh cv bahasa inggris

Jangan lupa untuk follow up setelah mengirimkan CV kamu. Ini akan menunjukkan bahwa kamu sangat tertarik dengan posisi tersebut dan meningkatkan peluang kamu untuk diterima sebagai karyawan.

28. Siapkan Jawaban untuk Pertanyaan Wawancara Kerja

Setelah CV kamu diterima, kamu akan dipanggil untuk wawancara kerja. Siapkan jawaban untuk pertanyaan yang mungkin akan diajukan oleh perusahaan. Persiapan yang baik akan meningkatkan peluang kamu untuk diterima sebagai karyawan.

29. Jangan Berhenti Mencari

Jangan berhenti mencari pekerjaan setelah mengirimkan CV kamu. Terus mencari pekerjaan dan melamar di perusahaan yang sesuai dengan kemampuan dan minat kamu. Jangan cepat menyerah jika belum diterima di satu perusahaan, teruslah berusaha dan mencoba di perusahaan lain.

Menulis CV dalam bahasa Inggris mungkin terlihat sulit pada awalnya, tetapi dengan melakukan persiapan dan mengikuti tips di atas, kamu dapat membuat CV bahasa inggris yang baik dan meningkatkan peluang kamu untuk diterima sebagai karyawan di perusahaan yang kamu inginkan. Ingatlah bahwa CV adalah representasi diri kamu, jadi pastikan CV kamu memberikan kesan yang baik kepada perusahaan yang akan kamu lamar.

Unduh Contoh CV bahasa inggris terbaru di sini :

Contoh CV Bahasa Inggris [tipscermat.com] 1

Download CV Bahasa Inggris Template [tipscermat.com] 2

Avatar photo
Author - Tipscermat.com

Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah Mada

Dosen Educational Sciences at Universitas Indonesia

English Teacher at Ruangguru.com

Content Writer at Kompas.com

Menggeluti bidang pendidikan dan informasi pendidikan seputar universitas, beasiswa, jurusan kuliah, dan berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris sejak tahun 2019.

More Posts
Back to top button