BLOG

8 Cara Belajar Bahasa Mandarin Pemula

Avatar photo
Nur Ika Ayu Intan Cahyani

Guru Bahasa Mandarin at Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah mada

Mandarin Guest relation Officer at PT Grahawita Santika

Chinese Teacher at Ruangguru.com

    Guru bahasa mandarin yang berpengalaman mengajar di sekolah dan membuka jasa kursus privat online sejak dari 2019.

    Avatar photo
    Nur Ika Ayu Intan Cahyani

    Guru Bahasa Mandarin at Universitas Indonesia

    Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah mada

    Mandarin Guest relation Officer at PT Grahawita Santika

    Chinese Teacher at Ruangguru.com

      Guru bahasa mandarin yang berpengalaman mengajar di sekolah dan membuka jasa kursus privat online sejak dari 2019.

      TIPSCERMAT – Apakah Anda ingin belajar bahasa Mandarin tetapi tidak memiliki waktu atau uang untuk mengambil kelas? Jangan khawatir, Anda masih bisa belajar bahasa Mandarin dari nol. Di sini, kami akan membahas 8 cara praktis dan efektif untuk belajar bahasa Mandarin tanpa bantuan guru atau tutor.

      Meskipun belajar bahasa Mandarin pemula memerlukan usaha dan disiplin, dengan konsisten dan tekun, Anda dapat memperoleh kemampuan bahasa yang baik dalam waktu singkat. Mari kita mulai dengan cara-cara belajar Mandarin yang paling efektif.

      1. Memanfaatkan Sumber Belajar Online

      Jika Anda ingin belajar bahasa Mandarin dari nol, memanfaatkan sumber belajar online dapat menjadi salah satu cara yang sangat efektif. Ada banyak situs web, aplikasi mobile, dan kursus online yang tersedia untuk membantu Anda meningkatkan kemampuan bahasa Anda.

      Sumber belajar onlineDeskripsi
      DuolingoSalah satu aplikasi belajar bahasa paling populer dan mudah diakses
      MandarinXProgram kursus online gratis yang disponsori oleh Universitas Tsinghua
      HelloTalkAplikasi ponsel yang menghubungkan Anda dengan penutur asli bahasa Mandarin untuk berlatih

      Terkadang, sumber belajar online dapat membantu memperkaya pengalaman belajar. Anda dapat menemukan video belajar bahasa Mandarin gratis di YouTube, mengikuti forum belajar bahasa, atau mengunduh podcast yang memfokuskan pada topik khusus. Jangan ragu untuk mencari sumber daya online yang sesuai dengan gaya belajar Anda dan sumber-sumber yang menarik minat Anda.

      2. Membaca Buku dan Materi Bahasa Mandarin

      Membaca buku dan materi Mandarin merupakan salah satu cara yang efektif untuk belajar bahasa Mandarin otodidak. Selain dapat meningkatkan kemampuan membaca, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kosa kata dan kemampuan bahasa secara keseluruhan. Namun, penting untuk memilih bahan bacaan yang sesuai dengan level bahasa dan minat pribadi. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih bahan bacaan:

      • Cari buku atau artikel online yang sesuai dengan minat pribadi, seperti cerita pendek, novel, atau berita.
      • Pilih karya yang memiliki level bahasa yang tepat untuk kemampuan membaca Anda.
      • Berikan waktu yang cukup untuk membaca dan usahakan untuk memahami konteks dan makna dari kata-kata yang tidak dikenal.
      BACA INI :  Pengertian Teori Belajar Kognitivisme dan Contohnya

      Setelah memilih bahan bacaan yang sesuai, ada beberapa strategi yang dapat diterapkan untuk memperoleh manfaat yang lebih maksimal dari kegiatan membaca Mandarin:

      • Baca sebanyak mungkin dan secara teratur untuk meningkatkan kemampuan membaca dan memperluas kosa kata.
      • Mulai dengan karya-karya pendek dan mudah dipahami sehingga tidak cepat merasa bosan atau frustrasi.
      • Mencatat kata-kata baru dan mencari definisi atau sinonimnya untuk meningkatkan pengetahuan bahasa.

      Selain itu, bergabung dengan klub buku Mandarin atau mengikuti kelas membaca Mandarin dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca dan memperluas wawasan budaya.

      3. Menonton Film dan Video Berbahasa Mandarin

      Menonton film dan video dalam bahasa Mandarin dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan mendengar dan berbicara, serta meningkatkan pemahaman akan kosa kata dan budaya. Berikut beberapa sumber online yang dapat membantu:

      SumberJenis KontenDeskripsi
      iQIYITV series, film, variety showPlatform streaming resmi dengan beragam judul Mandarin.
      YoukuTV series, film, variety showPlatform streaming yang menyediakan konten dalam bahasa Mandarin.
      Mandarin CornerVideo pelajaranSaluran YouTube yang menyediakan video pembelajaran bahasa Mandarin yang dikemas dalam format menarik.

      Teknik berikut dapat membantu Anda memaksimalkan pembelajaran Mandarin melalui menonton film dan video:

      • Pilih judul yang menarik minat Anda, agar Anda lebih terserap dalam konten dan lebih mudah memahami bahasa.
      • Ketika menonton, aktifkan subtitle dalam bahasa Mandarin untuk membantu memperkuat pemahaman Anda.
      • Ulangi dan latihan menggunakan frasa atau kata yang baru Anda pelajari dari film atau video tersebut.

      4. Berlatih Mendengarkan dan Berbicara

      Salah satu keterampilan kunci dalam belajar bahasa Mandarin dari nol adalah mendengarkan dan berbicara. Untuk melatih keterampilan ini, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri secara otodidak:

      1. Gunakan aplikasi belajar bahasa Mandarin yang fokus pada keterampilan mendengarkan dan berbicara seperti HelloTalk, Tandem, atau Pimsleur.
      2. Tonton film dan video bahasa Mandarin, dan latih diri untuk memahami percakapan dalam bahasa tersebut.
      3. Bergabunglah dengan komunitas bahasa Mandarin online atau offline, dan terlibat dalam sesi latihan berbicara dengan anggota komunitas lainnya.
      4. Cari partner latihan bahasa Mandarin online, dan praktikan keterampilan berbicara bersama.
      5. Dengarkan podcast atau siaran radio bahasa Mandarin, dan latih diri untuk memahami isi pesannya.
      BACA INI :  7 Program Pertukaran Pelajar Terbaik di Indonesia

      Dalam melatih keterampilan mendengarkan dan berbicara, penting untuk fokus pada pengembangan kosakata dan pengucapan yang benar. Luangkan waktu untuk mengulang kata-kata dan frasa-frasa penting, dan perbaiki kesalahan pengucapan Anda secara rutin.

      5. Menulis dan Menghafal Kosakata Bahasa Mandarin

      Menulis dan menghafal kosakata adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Mandarin. Menulis membantu Anda mengingat kata-kata baru, meningkatkan kosakata Anda, serta meningkatkan kemampuan menulis Anda dalam bahasa Mandarin.

      Ada beberapa teknik yang digunakan untuk mempermudah menghafal kosakata Mandarin. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknik mnemonik atau teknik mengingat yang membantu otak Anda untuk mengingat lebih mudah dan efektif. Anda dapat menggunakan teknik mnemonik seperti membuat asosiasi visual atau kata-kata lucu dengan kosakata Mandarin yang ingin Anda hafal.

      Teknik Menulis dan Menghafal Kosakata MandarinKeterangan
      FlashcardGunakan kartu kosakata atau flashcard untuk menuliskan kosakata Mandarin dan artinya. Anda dapat membawa kartu-kartu ini untuk latihan kosakata di mana saja.
      Mempraktekkan kosakata dalam kalimatCobalah menggunakan kosakata baru dalam kalimat. Hal ini akan membuat otak Anda lebih mudah mengingat dan memahami kosakata tersebut.
      Menghafal kosakata dalam konteksBuatlah kalimat atau cerita pendek dengan kosakata yang baru saja Anda pelajari. Ini akan memudahkan Anda untuk mengingat kosakata dalam konteks yang lebih baik.

      Selain itu, Anda bisa menggunakan aplikasi belajar bahasa Mandarin yang menawarkan fitur untuk menulis dan menghafal kosakata. Beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan antara lain Duolingo, Memrise, dan Anki. Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat memperdalam kosakata Anda dan meningkatkan kemampuan menulis Anda dalam bahasa Mandarin.

      6. Menciptakan Lingkungan Belajar Bahasa Mandarin

      Untuk mempercepat proses belajar Bahasa Mandarin dari nol otodidak, sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung. Dengan lingkungan belajar yang baik, kamu dapat memperkuat kemampuan kamu dalam berbahasa Mandarin dan meningkatkan keterampilan kamu secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa cara untuk menciptakan lingkungan belajar Mandarin yang efektif:

      BACA INI :  Cara Menggunakan OCW UNS Presensi Dosen dan Mahasis
      CaraKeterangan
      1. Membuat sudut belajarBuatlah sudut belajar kecil di rumah kamu dengan meletakkan beberapa buku Mandarin, kata-kata, atau poster kamus di sekitar area tersebut. Ini akan memicu minat dan semangat kamu dalam belajar dan meningkatkan konsistensi belajar kamu.
      2. Mencari partner bahasaTemukan partner bahasa Mandarin dengan bergabung ke dalam komunitas belajar Mandarin, seperti forum bahasa Mandarin online atau kelompok bahasa Mandarin di media sosial.
      3. Membuat jadwal belajarBuatlah jadwal belajar Mandarin otodidak kamu sendiri dan patuhi jadwal tersebut. Jadwal ini akan membantumu menjaga disiplin belajar dan memastikan kamu mengeluarkan waktu yang cukup untuk belajar setiap hari.
      4. Membuat tujuan dan evaluasi kemajuanTetapkan tujuan belajar jangka pendek dan jangka panjang, dan terus evaluasi kemajuan kamu dalam mencapai tujuan tersebut. Hal ini dapat membantumu tetap termotivasi dan fokus dalam belajar.

      Dengan menciptakan lingkungan belajar Mandarin yang mendukung, kamu dapat mencapai kemajuan yang lebih cepat dan efektif dalam belajar Bahasa Mandarin untuk pemula. Selamat belajar!

      7. Mengikuti Kelas Online atau Offline

      Meskipun belajar mandarin otodidak dapat memberikan kebebasan dalam menentukan jadwal dan metode pembelajaran yang cocok untukmu, mengikuti kelas online atau offline dapat memberikan bimbingan yang lebih terstruktur dan interaksi yang lebih langsung dengan pengajar dan teman sekelas.

      Pertimbangkan beberapa faktor sebelum memilih kelas yang tepat untukmu:

      PertimbanganOnlineOffline
      JadwalFleksibelTetap
      Interaksi dengan pengajarTerbatasLangsung
      Interaksi dengan teman sekelasTerbatasLangsung
      BiayaLebih murahLebih mahal

      Jangan ragu untuk mencoba beberapa kelas sebelum memutuskan kelas mana yang paling cocok untukmu. Jangan lupa untuk memperhatikan metode pengajaran kelas tersebut. Pilih yang sesuai dengan gaya belajarmu.

      8. Mengevaluasi Kemajuan dan Mengatur Tujuan Belajar

      Setelah Anda memulai perjalanan cara belajar bahasa Mandarin otodidak, penting untuk terus mengevaluasi kemajuan Anda dan mengatur tujuan belajar yang realistis. Tanpa tujuan yang jelas, Anda mungkin merasa sulit untuk mempertahankan motivasi dan fokus.

      Ada beberapa strategi yang dapat Anda terapkan untuk mengevaluasi kemajuan belajar Anda. Pertama, buatlah daftar kata dan frasa baru yang telah Anda pelajari, dan latih penggunaannya secara teratur. Anda juga dapat merekam percakapan Anda dengan penutur asli dan memeriksa kembali untuk memperbaiki pengucapan dan tata bahasa.

      Selain itu, terus berlatih dengan berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis bahasa Mandarin setiap harinya. Cobalah untuk meningkatkan level kesulitan dan kompleksitas materi yang Anda pelajari seiring waktu.

      Tentukan tujuan belajar yang spesifik. Misalnya, Anda dapat menargetkan untuk dapat berbicara bahasa Mandarin dengan lancar dalam waktu 3 bulan atau membaca novel bahasa Mandarin tanpa menggunakan kamus dalam waktu 6 bulan.

      Perhatikan juga perkembangan kemampuan bahasa Mandarin Anda dari waktu ke waktu. Jangan terlalu kritis dan membicarakan kelemahan Anda, melainkan fokuslah pada pencapaian dan keberhasilan Anda. Ini akan membantu Anda mempertahankan motivasi dan meningkatkan rasa percaya diri Anda.

      Dalam mengevaluasi kemampuan bahasa Mandarin Anda, jangan lupa untuk selalu menikmati proses pembelajaran. Jangan terlalu memaksakan diri dan lakukan sesuai dengan kemampuan serta waktu yang Anda miliki.

      Avatar photo
      Nur Ika Ayu Intan Cahyani

      Guru Bahasa Mandarin at Universitas Indonesia

      Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah mada

      Mandarin Guest relation Officer at PT Grahawita Santika

      Chinese Teacher at Ruangguru.com

        Guru bahasa mandarin yang berpengalaman mengajar di sekolah dan membuka jasa kursus privat online sejak dari 2019.

        More Posts
        Back to top button