BLOG

Cara Belajar TOEFL dari Nol Otodidak

Avatar photo
Author - Tipscermat.com

Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah Mada

Dosen Educational Sciences at Universitas Indonesia

English Teacher at Ruangguru.com

Content Writer at Kompas.com

Menggeluti bidang pendidikan dan informasi pendidikan seputar universitas, beasiswa, jurusan kuliah, dan berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris sejak tahun 2019.

Avatar photo
Author - Tipscermat.com

Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah Mada

Dosen Educational Sciences at Universitas Indonesia

English Teacher at Ruangguru.com

Content Writer at Kompas.com

Menggeluti bidang pendidikan dan informasi pendidikan seputar universitas, beasiswa, jurusan kuliah, dan berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris sejak tahun 2019.

TIPSCERMAT – Jika Anda berencana untuk melanjutkan studi ke luar negeri atau mencari pekerjaan di perusahaan internasional, kemampuan bahasa Inggris yang baik adalah suatu keharusan. TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah tes bahasa Inggris yang diakui secara internasional dan dianggap sebagai standar untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris bagi orang yang bukan penutur asli. Namun, persiapan untuk tes TOEFL bisa menjadi menantang dan memerlukan strategi yang tepat untuk mencapai hasil yang maksimal.

Pada bagian ini, kami akan menjelaskan cara belajar TOEFL otodidak untuk pemula dan memberikan panduan tentang strategi dan tips belajar toefl online yang akan dibahas dalam artikel ini.

Mengenal APA Itu TOEFL dan Tujuan Ujian TOEFL

TOEFL adalah tes kemampuan bahasa Inggris yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris.

TOEFL didesain untuk membantu orang-orang yang ingin kuliah atau bekerja di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi.

Mengenal Type TOEFL

TOEFL TypeTOEFL Description
TOEFL iBTDilaksanakan secara online, mengukur kemampuan bahasa Inggris berbicara, tulis, mendengar, dan membaca.
TOEFL ITPDilaksanakan secara kertas dan pensil, mengukur kemampuan bahasa Inggris membaca, mendengar, dan struktur bahasa.

TOEFL iBT adalah merupakan bentuk tes yang paling umum dan banyak digunakan oleh lembaga pendidikan di seluruh dunia, sementara TOEFL ITP sering digunakan untuk kebutuhan resmi di institusi pemerintah.

Tujuan Ujian TOEFL

Tujuan dari ujian TOEFL adalah untuk menilai kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa Inggris dalam konteks akademik dan profesional.

Hasil dari ujian TOEFL akan menentukan apakah seseorang memenuhi persyaratan untuk kuliah atau bekerja di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti ujian TOEFL.

Melakukan Penilaian Kemampuan Bahasa Inggris Anda

Sebelum memulai proses belajar TOEFL dari nol, penting untuk mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris kita. Dengan mengetahui kemampuan bahasa Inggris kamu saat ini, maka dapat membuat rencana belajar mandiri yang sesuai dan efektif.

BACA INI :  10 Aplikasi Administrasi Sekolah Terbaik

Ada beberapa cara untuk menilai kemampuan bahasa Inggris sendiri, antara lain:

  1. Ujian praktek TOEFL Online (TOEFL Practice Test)
  2. Menilai kekurangan dalam keterampilan bahasa Inggris Anda (seperti keterampilan membaca, mendengar, berbicara, dan menulis)
  3. Meminta saran dari orang yang lebih berpengalaman dalam bahasa Inggris

Setelah menilai kemampuan bahasa Inggris Anda, buatlah catatan mengenai kekuatan dan kelemahan Anda. Hal ini akan membantu Anda membuat rencana belajar yang lebih fokus dan efektif.

Terakhir, selalu ingat bahwa kemampuan bahasa Inggris Anda akan terus berkembang selama proses belajar. Dengan latihan yang teratur dan tekun, Anda akan mampu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda dan meraih hasil terbaik pada ujian TOEFL.

Membuat Jadwal Belajar TOEFL PDF

Bagian ini akan membahas pentingnya membuat jadwal belajar TOEFL secara mandiri. Belajar dengan terstruktur dan terorganisir jauh lebih efektif daripada belajar secara acak dan tanpa rencana. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat jadwal belajar TOEFL yang bisa kamu simpan sebagai file pdf :

TipsKeterangan
Tentukan target skorTentukan skor TOEFL yang perlu Anda capai dan jadikan target sebagai tujuan belajar Anda.
Tentukan jadwal belajarTentukan waktu yang akan Anda alokasikan untuk belajar setiap harinya. Pastikan jadwal ini realistis dan sesuai dengan rutinitas sehari-hari.
Buat rencana belajarTerapkan rencana belajar Anda dalam jadwal belajar, dengan menentukan topik yang akan dipelajari setiap harinya.
Manfaatkan sumber dayaManfaatkan buku, aplikasi belajar, atau kursus online untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan Anda.
Uji kemampuan secara berkalaUji kemampuan Anda secara berkala untuk melihat perkembangan dan mengevaluasi apakah sasaran Anda tercapai.

Jika Anda menerapkan jadwal belajar TOEFL dengan teratur, Anda akan meningkatkan peluang sukses dalam ujian tes toefl. Selalu ingat untuk memperhatikan kualitas belajar dan tidak hanya fokus pada jumlah waktu yang dihabiskan.

Mempelajari Struktur Soal TOEFL

Untuk meraih skor TOEFL yang baik, penting untuk memahami struktur soal yang akan ditemui di ujian. TOEFL terdiri dari empat bagian, yaitu: Listening, Reading, Speaking, dan Writing. Setiap bagian memiliki format dan jenis pertanyaan yang berbeda-beda.

1. Listening

Bagian Listening terdiri dari 4 hingga 6 sesi yang masing-masing memiliki 5 hingga 6 soal. Soal-soal tersebut berupa pertanyaan pilihan ganda, informasi tersurat, informasi tersirat, dan rangkuman. Durasi bagian Listening adalah 60 hingga 90 menit.

2. Reading

Bagian Reading terdiri dari 3 atau 4 bacaan yang diikuti oleh 12 hingga 14 soal pilihan ganda. Jenis pertanyaan dapat berupa makna kata, rujukan, informasi tersurat dan tersirat, dan analisis struktur teks bacaan. Durasi bagian Reading adalah 60 hingga 80 menit.

BACA INI :  Belajar Mengetik 10 Jari Dengan Cara Terbaik

3. Speaking

Bagian Speaking terdiri dari 6 tugas, yaitu: menjawab pertanyaan umum, berbicara tentang topik umum, menyampaikan pendapat, dan membuat ringkasan berdasarkan informasi yang diberikan. Soal dalam bagian Speaking dilakukan di depan komputer dan waktu yang diberikan adalah 20 menit.

4. Writing

Bagian Writing terdiri dari 2 tugas, yaitu: menulis esai argumentatif dan menulis esai berdasarkan informasi yang diberikan. Durasi bagian Writing adalah 50 menit.

Memahami struktur soal TOEFL akan membantu Anda mempersiapkan diri dengan lebih baik. Lakukan latihan soal sesuai dengan format ujian untuk meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam menghadapi TOEFL.

Meningkatkan Kemampuan Membaca

Salah satu aspek penting dalam mendapatkan skor TOEFL tinggi adalah meningkatkan kemampuan membaca. Dalam melakukan soal TOEFL, kemampuan membaca yang baik dapat membantu dalam menyelesaikan soal dengan lebih efisien dan memperoleh nilai yang lebih baik. Berikut adalah beberapa teknik dan sumber daya yang dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca TOEFL:

1. Skimming dan Scanning

Salah satu teknik yang dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca adalah skimming dan scanning. Kedua teknik ini berguna untuk mempercepat pembacaan dan membantu dalam menemukan informasi yang relevan. Skimming adalah membaca dengan cepat untuk mendapatkan gambaran umum dari teks, sementara scanning adalah membaca dengan cepat untuk menemukan informasi tertentu.

Dalam TOEFL, skimming dan scanning dapat membantu dalam mempersingkat waktu membaca dan memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan. Cobalah untuk mempraktikkan teknik ini dengan membaca artikel atau teks yang relevan untuk TOEFL dan menerapkannya dalam latihan soal TOEFL.

2. Meningkatkan Kosakata

Peningkatan kosakata juga dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca dalam TOEFL. Cobalah untuk membaca artikel atau teks dalam Bahasa Inggris secara teratur dan catat perluasan kosakata baru. Anda juga dapat menggunakan sumber daya online seperti Quizlet atau membeli kamus kosakata TOEFL yang terkait.

Selain itu, mengidentifikasi akar kata atau kata-kata yang berhubungan juga dapat membantu memperluas kosakata Anda. Anda dapat menerapkan teknik ini dengan membaca artikel atau teks dan mencari kata-kata yang berhubungan dengan topik tersebut.

Tip:Cobalah untuk mengidentifikasi kata kunci dalam pertanyaan TOEFL dan mencari kata-kata tersebut dalam teks, ini akan membantu Anda menemukan informasi yang relevan dengan lebih cepat.

Meningkatkan Kemampuan Mendengar

Mendengar dengan baik sangat penting dalam ujian TOEFL. Untuk meningkatkan kemampuan mendengar TOEFL Anda, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu.

BACA INI :  9 Universitas di Kalimantan TerPopuler

1. Fokus pada Konteks

Dalam ujian TOEFL, konteks sangat penting untuk memahami apa yang diucapkan di dalam audio. Cobalah untuk memperhatikan informasi tentang tempat, waktu, dan orang-orang yang terlibat dalam percakapan. Hal ini dapat membantu Anda memahami topik yang dibicarakan dan konteks dari informasi yang diberikan.

2. Gunakan Pra-Soal

Sebelum mendengarkan audio, luangkan waktu untuk membaca soal sehingga Anda dapat lebih fokus pada informasi yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan. Hal ini juga dapat membantu Anda menyiapkan diri dan memahami jenis pertanyaan yang akan dihadapi.

3. Asah Keterampilan Note-taking

Keterampilan note-taking penting dalam mendengarkan audio TOEFL. Coba untuk mengambil catatan singkat tentang informasi penting saat Anda mendengarkan audio. Hal ini dapat membantu Anda mengingat informasi dan memudahkan dalam menjawab pertanyaan nantinya.

4. Latihan dengan Audio Asli

Coba untuk berlatih dengan audio asli, seperti berita atau acara televisi dalam bahasa Inggris, yang dapat membantu Anda terbiasa dengan berbagai aksen dan gaya bahasa yang berbeda. Hal ini juga dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan memahami bahasa Inggris secara umum.

5. Cari Bantuan dari Materi Pelajaran TOEFL

Materi pelajaran TOEFL menyediakan audio latihan dan soal-soal untuk meningkatkan kemampuan mendengar. Cobalah untuk memanfaatkan materi pelajaran TOEFL sehingga Anda dapat terbiasa dengan format dan jenis pertanyaan yang biasa muncul dalam ujian.

Meningkatkan Kemampuan Berbicara

Kemampuan berbicara Bahasa Inggris menjadi hal yang paling sering dikhawatirkan oleh para peserta TOEFL. Namun, dengan latihan yang tepat dan konsisten, Anda dapat meningkatkan kemampuan berbicara TOEFL dengan signifikan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda:

  1. Berlatih dengan orang asli
  2. Berlatih dengan rekaman dan video
  3. Memperbanyak kosakata
  4. Berlatih dengan contoh soal TOEFL

Meningkatkan Kemampuan Menulis

Menulis adalah kemampuan yang sangat diuji dalam ujian TOEFL. Untuk meningkatkan kemampuan menulis, ada beberapa tips yang dapat diikuti:

  1. Menentukan tujuan menulis. Sebelum menulis, tentukan tujuan dan fokus pada topik yang sesuai.
  2. Memahami struktur esai. Struktur esai TOEFL terdiri dari pengenalan, argumen, dan kesimpulan. Kembangkan setiap bagian dengan baik.
  3. Memahami jenis pertanyaan. Terdapat dua jenis pertanyaan dalam bagian menulis TOEFL. Yaitu, independent writing dan integrated writing. Pelajari tipe pertanyaan agar dapat mempersiapkan diri dengan baik.
  4. Melakukan latihan menulis. Melakukan latihan menulis dengan menjawab pertanyaan dari tes TOEFL sebelumnya dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis.
  5. Berkonsultasi dengan tutor. Berbicara dengan tutor atau teman pengajar yang berpengalaman dapat membantu memperbaiki kelemahan dalam menulis dan memberikan umpan balik yang berguna.

Dalam menulis, pastikan untuk mengikuti aturan ejaan dan tata bahasa yang benar. Periksa kembali tulisan untuk memastikan tidak ada kesalahan.

Tips Terakhir dan Kiat Sukses Belajar TOEFL dari Nol

Di sini, kami akan memberikan tips-tips tambahan dan saran untuk kesuksesan dalam belajar TOEFL online.

1. Persiapkan diri Anda dengan baik pada hari tes. Pastikan Anda sudah istirahat yang cukup, sarapan yang sehat, dan membawa semua perlengkapan yang diperlukan.

2. Kelola kecemasan Anda dengan baik. Cobalah latihan pernapasan dalam-dalam dan visualisasi positif untuk membantu menenangkan pikiran Anda.

3. Percayalah pada diri sendiri dan kemampuan yang telah Anda tingkatkan. Jangan terlalu khawatir tentang skor akhir Anda, tetapi fokus pada usaha dan kemajuan yang telah Anda capai.

4. Teruslah termotivasi sepanjang proses belajar. Ingatlah tujuan akhir Anda dalam mengambil tes TOEFL dan jangan lupa mengambil istirahat secara teratur untuk menjaga kebugaran fisik dan mental Anda.

Tips tambahan:

Jangan ragu untuk meminta bantuan saat belajar TOEFL Otodidak

Jika Anda mengalami kesulitan dalam memahami materi atau memperbaiki kemampuan bahasa Inggris Anda, jangan ragu untuk mencari bantuan. Banyak sumber daya yang tersedia untuk belajar TOEFL otodidak, seperti les privat, buku, dan situs web belajar toefl online. Terkadang, bantuan dari orang lain dapat memberikan perspektif dan bantuan yang sangat dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan dalam tes TOEFL Anda.

Avatar photo
Author - Tipscermat.com

Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah Mada

Dosen Educational Sciences at Universitas Indonesia

English Teacher at Ruangguru.com

Content Writer at Kompas.com

Menggeluti bidang pendidikan dan informasi pendidikan seputar universitas, beasiswa, jurusan kuliah, dan berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris sejak tahun 2019.

More Posts
Back to top button