BLOG

Info Biaya Sekolah Kedinasan Kemenkumham dan Syaratnya

Avatar photo
Author - Tipscermat.com

Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah Mada

Dosen Educational Sciences at Universitas Indonesia

English Teacher at Ruangguru.com

Content Writer at Kompas.com

Menggeluti bidang pendidikan dan informasi pendidikan seputar universitas, beasiswa, jurusan kuliah, dan berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris sejak tahun 2019.

Avatar photo
Author - Tipscermat.com

Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah Mada

Dosen Educational Sciences at Universitas Indonesia

English Teacher at Ruangguru.com

Content Writer at Kompas.com

Menggeluti bidang pendidikan dan informasi pendidikan seputar universitas, beasiswa, jurusan kuliah, dan berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris sejak tahun 2019.

TIPSCERMAT – Selamat datang di artikel kami, di mana kami akan membahas tentang sekolah kedinasan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sekolah Kedinasan Kemenkumham. Sekolah ini memiliki reputasi yang sangat baik dan menawarkan berbagai keuntungan bagi para siswa yang ingin menjadi aparatur sipil negara.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang biaya sekolah kedinasan Kemenkumham, syarat masuk, manfaat, serta prospek karir setelah lulus dari sekolah ini. Kami juga akan memberikan tips dan informasi penting untuk membantu calon siswa mempersiapkan diri dan meraih kesuksesan di masa depan.

Jadi, jika Anda tertarik untuk mengejar karir sebagai aparatur sipil negara dan ingin mengetahui lebih banyak tentang Sekolah Kedinasan Kemenkumham, teruslah membaca artikel ini!

Apa itu Sekolah Kedinasan Kemenkumham?

Sekolah Kedinasan Kementerian Hukum dan HAM, atau yang dikenal sebagai Sekolah Kedinasan Kemenkumham, merupakan lembaga pendidikan yang dibentuk oleh Kementerian Hukum dan HAM dengan tujuan membentuk calon-calon Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional, berintegritas, dan memiliki kompetensi yang tinggi.

Sekolah Kedinasan Kemenkumham memiliki sejarah yang panjang, dimulai sejak tahun 1946 saat diresmikan sebagai sekolah kejuruan. Sekolah ini kemudian berkembang menjadi Sekolah Tinggi Hukum Negara (STHN) pada tahun 1954, dan akhirnya menjadi Sekolah Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Negara (SPPAN) pada tahun 2001. Pada tahun 2013, SPPAN berganti nama menjadi Sekolah Kedinasan Kementerian Hukum dan HAM yang kita kenal saat ini.

Salah satu hal yang membedakan Sekolah Kedinasan Kemenkumham dari lembaga pendidikan lain di Indonesia adalah fokusnya yang khusus pada pembentukan ASN. Selama menjalani pendidikan di sini, para siswa akan mendapatkan pembelajaran yang terfokus dan terarah pada tugas-tugas yang akan diemban sebagai ASN.

Program StudiDurasi PendidikanGelar
Hukum Tata Negara2 TahunSarjana Hukum (S.H)
Hukum Pidana2 TahunSarjana Hukum (S.H)
Hukum Internasional2 TahunSarjana Hukum (S.H)

Sekolah Kedinasan Kemenkumham menawarkan tiga program studi yang berbeda, yaitu Hukum Tata Negara, Hukum Pidana, dan Hukum Internasional. Setiap program studi memiliki durasi pendidikan selama dua tahun, dan setelah berhasil menyelesaikan program studi, para siswa akan mendapatkan gelar Sarjana Hukum (S.H).

BACA INI :  Cara Belajar Bahasa Korea Dasar Percakapan Untuk Pemula

Syarat Masuk Sekolah Kedinasan Kemenkumham

Untuk menjadi bagian dari Sekolah Kedinasan Kemenkumham, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat-syarat tersebut meliputi:

1. PendidikanPelamar harus memiliki ijazah Sarjana (S1) dengan IPK minimal 2,75 atau Diploma III (D3) dengan IPK minimal 3,00.
2. UsiaPelamar berusia maksimal 28 tahun pada saat pendaftaran.
3. KesehatanPelamar harus memiliki surat keterangan sehat dari dokter yang ditunjuk oleh Kemenkumham.
4. Warga NegaraPelamar harus menjadi Warga Negara Indonesia yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).
5. AdministrasiPelamar harus melengkapi berkas administrasi seperti surat lamaran, fotokopi ijazah, dan CV.

Untuk memperkuat peluang anda diterima di Sekolah Kedinasan Kemenkumham, pastikan bahwa anda memiliki nilai akademis yang baik, pengalaman non-akademis yang relevan, serta kesediaan untuk belajar dan berkembang di masa depan. Lakukan persiapan sejak dini agar anda siap mendaftar saat pendaftaran dibuka.

Biaya Sekolah Kedinasan Kemenkumham

Menjadi seorang aparatur sipil negara di Kemenkumham adalah impian banyak orang. Namun, dapatkah siapa saja mengakses pendidikan berkualitas tinggi yang ditawarkan oleh sekolah kedinasan Kemenkumham?

Anda tidak perlu khawatir soal biaya, karena biaya sekolah kedinasan Kemenkumham sangat terjangkau. Bahkan, biaya tersebut di bawah rata-rata biaya sekolah di perguruan tinggi swasta.

Untuk mahasiswa baru, biaya pendaftaran sebesar 150 ribu rupiah dan biaya kuliah per semester sebesar 750 ribu rupiah. Selain itu, terdapat biaya lain seperti biaya perumahan dan konsumsi. Namun, biaya ini masih tergolong murah jika dibandingkan dengan universitas lain.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam hal keuangan, jangan khawatir karena sekolah kedinasan Kemenkumham menyediakan beasiswa dan bantuan keuangan lainnya bagi siswa yang membutuhkan. Segera ajukan permohonan jika Anda memenuhi syarat.

Biaya Sekolah Kedinasan KemenkumhamBiaya (dalam rupiah)
Pendaftaran150.000
Kuliah (per semester)750.000
Perumahan700.000-1.000.000 (per bulan)
Konsumsi1.000.000-2.500.000 (per bulan)

Sekolah kedinasan Kemenkumham memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan karir yang penuh arti sebagai aparatur sipil negara di Indonesia. Jangan ragu untuk mewujudkan impian Anda karena biaya sekolah yang terjangkau telah disediakan.

BACA INI :  Persyaratan dan Daftar Nama Sekolah Kedinasan yang Menjanjikan

Manfaat Menjadi Aparatur Sipil Negara di Kemenkumham

Menjadi seorang aparatur sipil negara (ASN) di Kementerian Hukum dan HAM bisa menjadi pilihan karir yang sangat menjanjikan. Selain mendapatkan penghasilan yang stabil, menjadi ASN juga memberikan keamanan kerja yang tinggi serta kesempatan untuk berkembang dalam karir di institusi yang kompeten.

Sebagai lulusan Sekolah Kedinasan Kemenkumham, Anda akan memiliki keuntungan tersendiri dalam menjadi ASN di Kementerian Hukum dan HAM. Anda akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan khusus yang relevan dengan tugas dan tanggung jawab di Kemenkumham. Anda juga akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan soft skill dan hard skill yang penting di hari esok.

Dan yang lebih penting lagi, sebagai ASN di Kemenkumham, Anda akan memiliki kesempatan untuk melayani masyarakat secara langsung melalui tugas-tugas pelayanan publik. Anda akan menjadi bagian dari sistem hukum dan keamanan negara yang penting dan menentukan.

Manfaat Menjadi ASN di KemenkumhamKeterangan
Penghasilan yang stabilSebagai ASN, Anda akan mendapatkan penghasilan yang stabil dan tunjangan yang menarik.
Keamanan kerja yang tinggiSebagai ASN, Anda akan mendapatkan keamanan kerja yang tinggi dan jaminan masa pensiun.
Peluang karir yang menjanjikanSebagai ASN, Anda memiliki kesempatan untuk meraih jabatan yang lebih tinggi dan naik pangkat, serta mengembangkan karir Anda di Kemenkumham.
Melayani masyarakat langsungSebagai ASN di Kemenkumham, Anda akan memiliki kesempatan untuk melayani langsung masyarakat melalui tugas-tugas pelayanan publik.

Sebagai lulusan Sekolah Kedinasan Kemenkumham, Anda juga akan memiliki akses ke jaringan alumni yang luas dan relevan yang dapat membantu dalam pengembangan karir Anda. Tidak hanya itu, tetapi Anda juga akan mendapatkan reputasi yang baik sebagai lulusan dari salah satu institusi terhormat di Indonesia.

Jadi, jika Anda ingin memiliki karir yang menjanjikan dan bermakna sebagai ASN di Kementerian Hukum dan HAM, Sekolah Kedinasan Kemenkumham adalah pilihan yang tepat. Bergabunglah dengan Sekolah Kedinasan Kemenkumham dan jadilah bagian dari sistem hukum dan keamanan negara yang penting dan menentukan!

Sekolah Kedinasan Kemenkumham: Proses Belajar-Mengajar

Berdasarkan pengalaman alumni, proses belajar-mengajar di Sekolah Kedinasan Kemenkumham cukup unik dan menarik. Kemenkumham sangat fokus pada peningkatan keterampilan praktis yang berkaitan dengan bidang hukum dan administrasi negara. Proses belajar-mengajar dilakukan dalam suasana yang kondusif dan menyenangkan.

BACA INI :  7 Alasan Memilih Kuliah di UIN Sunan Ampel Surabaya

Materi pembelajaran disampaikan oleh pengajar yang ahli di bidangnya. Selain itu, siswa juga diajak untuk terlibat dalam berbagai kegiatan praktis seperti simulasi sidang atau praktikum di instansi pemerintah. Dengan cara ini, siswa dipersiapkan dengan baik untuk menjadi aparatur sipil negara yang berkualitas dan mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat.

Metode PembelajaranKeuntungan bagi Siswa
Metode diskusi dan presentasiMeningkatkan kemampuan berbicara di depan umum dan kemampuan persuasif
Praktikum dan simulasi sidangMemberikan pengalaman praktis dalam menangani kasus hukum
Tugas individu dan kelompokMeningkatkan kemampuan problem solving dan teamwork

Siswa juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti perpustakaan lengkap, laboratorium bahasa, dan akses internet gratis. Semua fasilitas tersebut bertujuan untuk menjamin kenyamanan dan kesuksesan siswa di Sekolah Kedinasan Kemenkumham.

Bagi siswa yang bersemangat dan tekun, Sekolah Kedinasan Kemenkumham menawarkan banyak peluang untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan di bidang hukum dan administrasi negara. Dengan kurikulum yang komprehensif dan metode pengajaran yang unik, Sekolah Kedinasan Kemenkumham memastikan bahwa siswa lulus dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi aparatur sipil negara yang terampil dan produktif.

Peluang Karir Setelah Lulus dari Sekolah Kedinasan Kemenkumham

Setelah menyelesaikan pendidikan di Sekolah Kedinasan Kemenkumham, kamu akan memiliki peluang karir yang menjanjikan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. Setiap tahun, Kemenkumham menerima banyak permintaan dari instansi pemerintah dan perusahaan swasta untuk merekrut lulusan terbaiknya.

Sebagai ASN, kamu akan memiliki stabilitas pekerjaan yang tinggi serta peluang untuk terus berkembang karir dan meningkatkan penghasilan. Kemenkumham memiliki berbagai macam jabatan dan level karir yang dapat dicapai, mulai dari staf hingga pejabat tinggi di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Tidak hanya itu, lulusan Sekolah Kedinasan Kemenkumham juga memiliki peluang untuk bekerja di berbagai instansi pemerintah di seluruh Indonesia, seperti Kementerian Keuangan dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. Bahkan, beberapa lulusan telah berhasil membangun karir internasional di organisasi internasional seperti PBB dan Bank Dunia.

Jabatan di Lingkungan KemenkumhamPenghasilan (per bulan)
Pegawai PelaksanaRp 4.000.000 – Rp 5.500.000
Pegawai PenyelidikRp 7.000.000 – Rp 9.000.000
PNS di Lingkungan Eks KDHRp 13.000.000 – Rp 17.000.000
Taruna/ti PoltekipRp 4.000.000 – Rp 4.500.000

*Sumber: Kemenkumham

Dengan adanya jabatan dan level karir yang beragam, lulusan Sekolah Kedinasan Kemenkumham dapat memilih jalur karir dan posisi yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Kesempatan ini dapat membuka jalan bagi mereka untuk mencapai tujuan karir yang diinginkan dan mengejar impian mereka.

Maka, jika kamu ingin memiliki karir yang menjanjikan dan bermanfaat bagi masyarakat, masuk ke Sekolah Kedinasan Kemenkumham bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan memperoleh pendidikan dan pelatihan yang tepat, kamu dapat membangun karir yang sukses dan memenuhi potensi diri dalam melayani masyarakat Indonesia.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas, Sekolah Kedinasan Kemenkumham adalah salah satu lembaga pendidikan yang menghasilkan aparatur sipil negara yang berkualitas. Melalui sekolah ini, Anda akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang civil servant yang handal.

Untuk dapat masuk ke sekolah kedinasan Kemenkumham, Anda harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan dan menyiapkan biaya yang diperlukan. Tetapi dengan biaya yang dikeluarkan, Anda akan mendapatkan manfaat yang layak diperjuangkan.

Setelah lulus dari program Sekolah Kedinasan Kemenkumham, Anda akan memiliki peluang karir yang menjanjikan dan dapat bekerja di instansi Kemenkumham atau pemerintahan di Indonesia. Selain itu, menjadi civil servant juga memberikan rasa bangga dan kepuasan tersendiri karena dapat berkontribusi positif bagi masyarakat.

Jadi, jika Anda tertarik untuk menjadi seorang civil servant, Sekolah Kedinasan Kemenkumham adalah pilihan yang tepat. Segera isi formulir pendaftaran dan jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari para aparatur sipil negara yang berkualitas dan berhasil mencapai kesuksesan.

Avatar photo
Author - Tipscermat.com

Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah Mada

Dosen Educational Sciences at Universitas Indonesia

English Teacher at Ruangguru.com

Content Writer at Kompas.com

Menggeluti bidang pendidikan dan informasi pendidikan seputar universitas, beasiswa, jurusan kuliah, dan berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris sejak tahun 2019.

More Posts
Back to top button