BLOG

9 Opsi Sekolah Kedinasan Jurusan IPS yang Sepi Peminat

Avatar photo
Author - Tipscermat.com

Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah Mada

Dosen Educational Sciences at Universitas Indonesia

English Teacher at Ruangguru.com

Content Writer at Kompas.com

Menggeluti bidang pendidikan dan informasi pendidikan seputar universitas, beasiswa, jurusan kuliah, dan berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris sejak tahun 2019.

Avatar photo
Author - Tipscermat.com

Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah Mada

Dosen Educational Sciences at Universitas Indonesia

English Teacher at Ruangguru.com

Content Writer at Kompas.com

Menggeluti bidang pendidikan dan informasi pendidikan seputar universitas, beasiswa, jurusan kuliah, dan berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris sejak tahun 2019.

TIPSCERMAT – Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai 9 sekolah kedinasan jurusan IPS yang sepi peminat di Indonesia. Sebelum itu, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu Sekolah Kedinasan Jurusan IPS.

Apa itu Sekolah Kedinasan Jurusan IPS?

Sekolah Kedinasan Jurusan IPS adalah sekolah yang fokus pada penguasaan ilmu-ilmu sosial dan humaniora. IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kumpulan ilmu-ilmu yang meliputi sosiologi, sejarah, geografi, dan ekonomi. Siswa-Siswi yang bersekolah di Sekolah Kedinasan Jurusan IPS akan mempelajari berbagai materi pelajaran yang berkaitan dengan ilmu-ilmu tersebut.

Sekolah Kedinasan Jurusan IPS bukanlah sekolah biasa, melainkan sekolah yang dipersiapkan untuk menyediakan tenaga profesional yang siap mengabdi pada negara. Oleh karena itu, selain dilengkapi dengan kurikulum yang berkaitan langsung dengan ilmu-ilmu sosial dan humaniora, Sekolah Kedinasan Jurusan IPS juga dilengkapi dengan pembelajaran militer atau keamanan nasional yang meliputi kegiatan baris-berbaris, bela negara, dan sebagainya.

Kenapa Sekolah Kedinasan Jurusan IPS Sepi Peminat?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan Sekolah Kedinasan Jurusan IPS sepi peminat di Indonesia. Berikut adalah beberapa faktor penyebabnya:

1. Tidak Menariknya Mata Pelajaran

Mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Kedinasan Jurusan IPS cenderung tidak menarik bagi sebagian besar siswa. Hal ini membuat mereka tidak tertarik untuk memilih program studi ini. Mata pelajaran seperti sejarah, geografi, dan sosiologi dianggap terlalu teoretis dan kurang praktis.

2. Kurangnya Informasi

Siswa di Indonesia cenderung kurang mendapatkan informasi yang memadai mengenai program studi Sekolah Kedinasan Jurusan IPS. Hal ini membuat mereka tidak tahu banyak mengenai prospek karir dan manfaat dari program studi ini. Kurangnya informasi ini membuat banyak siswa memilih program studi yang lebih familiar dan memiliki prospek karir yang lebih jelas.

BACA INI :  Ini Program Kerja OSIS Kreatif dan Inovatif

3. Kurangnya Minat pada Karir Pemerintahan

Tidak semua siswa tertarik pada karir di pemerintahan atau lembaga publik. Hal ini menyebabkan mereka tidak tertarik untuk memilih program studi Sekolah Kedinasan Jurusan IPS yang lebih menekankan pada karir di bidang tersebut.

Meskipun ada beberapa faktor penyebabnya, Sekolah Kedinasan Jurusan IPS masih memberikan manfaat bagi lulusannya terutama dalam hal karir di lembaga pemerintahan atau publik. Namun, jika memang tidak sesuai dengan minat dan bakat kamu, sebaiknya kamu mempertimbangkan program studi lain yang lebih sesuai.

9 Sekolah Kedinasan Jurusan IPS yang Sepi Peminat

Sekolah Kedinasan Jurusan IPS
Sekolah Kedinasan Pilot

Berikut ini adalah daftar 9 sekolah kedinasan jurusan IPS yang sepi peminat di Indonesia:

NoNama Sekolah KedinasanLokasi
1Sekolah Tinggi Intelijen NegaraJakarta
2Akademi KepolisianSemarang
3Politeknik Ilmu Pelayaran SemarangSemarang
4Politeknik Keuangan Negara STANTangerang Selatan
5Sekolah Tinggi Penerbangan IndonesiaTangerang
6Sekolah Tinggi Sandi NegaraJakarta
7Staf Pengajar dan Pendidikan KesehatanJakarta
8Akademi Kepolisian MakassarMakassar
9Politeknik Keuangan Negara STAN PadangPadang

Dari kesembilan sekolah kedinasan tersebut, peminat terendah terdapat pada Sekolah Tinggi Intelijen Negara dengan hanya menerima 25 siswa baru setiap tahunnya, sedangkan peminat tertinggi terdapat pada Akademi Kepolisian dengan menerima sekitar 20.000 pendaftar setiap tahunnya.

1. Sekolah Tinggi Intelijen Negara

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) merupakan salah satu sekolah kedinasan yang dibawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN). STIN berada di bawah asuhan BIN dan hanya menerima siswa laki-laki yang telah lulus seleksi ketat. Selain itu, STIN juga merupakan sekolah kedinasan yang hanya menerima siswa yang berasal dari keluarga yang memiliki riwayat dalam lembaga intelijen negara. Jurusan IPS yang terdapat di STIN antara lain Hubungan Internasional dan Politik.

2. Akademi Kepolisian

Akademi Kepolisian merupakan sekolah kedinasan milik Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Jurusan IPS yang terdapat di Akademi Kepolisian adalah Hubungan Internasional dan Kepolisian. Di Akademi Kepolisian, siswa akan dilatih untuk menjadi pemimpin kepolisian yang profesional dan berkualitas agar mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

3. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang adalah sekolah kedinasan yang memberikan pendidikan untuk para calon pelaut. Jurusan IPS yang terdapat di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang adalah Hubungan Internasional dan Manajemen Maritim. Lulusan dari Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang diharapkan mampu menjadi pemimpin di bidang pelayaran nasional.

BACA INI :  7 Cara Belajar Bahasa Inggris dari Nol Dengan Cepat dan Efektif

4. Politeknik Keuangan Negara STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN merupakan sekolah kedinasan yang memberikan pendidikan di bidang keuangan negara. Jurusan IPS yang terdapat di Politeknik Keuangan Negara STAN adalah Hubungan Internasional. Lulusan dari Politeknik Keuangan Negara STAN diharapkan mampu menjadi pemimpin dan pengambil kebijakan keuangan negara yang berkualitas.

5. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) adalah sekolah kedinasan yang memberikan pendidikan di bidang penerbangan. Jurusan IPS yang terdapat di STPI adalah Hubungan Internasional dan Transportasi Udara. Lulusan dari STPI diharapkan mampu mengembangkan penerbangan nasional dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi penerbangan saat ini.

6. Sekolah Tinggi Sandi Negara

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) adalah sekolah kedinasan yang memberikan pendidikan di bidang sandi dan kriptografi. Jurusan IPS yang terdapat di STSN adalah Hubungan Internasional dan Sandi. Lulusan dari STSN diharapkan mampu mengembangkan keamanan negara melalui teknologi sandi dan kriptografi yang berkualitas.

7. Staf Pengajar dan Pendidikan Kesehatan

Staf Pengajar dan Pendidikan Kesehatan (SPPK) adalah sekolah kedinasan yang memberikan pendidikan di bidang kesehatan militer. Jurusan IPS yang terdapat di SSPK adalah Hubungan Internasional dan Kesehatan Militer. Lulusan dari SSPK diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan militer yang berkualitas dan profesional.

8. Akademi Kepolisian Makassar

Akademi Kepolisian Makassar merupakan salah satu sekolah kedinasan milik Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Jurusan IPS yang terdapat di Akademi Kepolisian Makassar adalah Hubungan Internasional dan Kepolisian. Di Akademi Kepolisian Makassar, siswa akan dilatih untuk menjadi pemimpin kepolisian yang profesional dan berkualitas agar mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

9. Politeknik Keuangan Negara STAN Padang

Politeknik Keuangan Negara STAN Padang merupakan sekolah kedinasan yang memberikan pendidikan di bidang keuangan negara. Jurusan IPS yang terdapat di Politeknik Keuangan Negara STAN Padang adalah Hubungan Internasional. Lulusan dari Politeknik Keuangan Negara STAN Padang diharapkan mampu menjadi pemimpin dan pengambil kebijakan keuangan negara yang berkualitas.

Bagaimana Memilih Sekolah Kedinasan Jurusan IPS yang Tepat?

Setelah mengetahui daftar 9 sekolah kedinasan jurusan IPS yang sepi peminat di Indonesia, kamu tentunya ingin memilih yang terbaik. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantumu dalam memilih:

  • Lihat kurikulum: Pastikan kurikulum sekolah kedinasan jurusan IPS yang kamu pilih sesuai dengan minat dan bakatmu. Periksa mata pelajaran yang diajarkan, metode pembelajaran yang digunakan, dan apakah ada tambahan pelajaran yang menarik untukmu.
  • Kualifikasi dosen dan guru: Pastikan dosen dan guru di sekolah kedinasan jurusan IPS yang kamu pilih berkualifikasi baik. Kamu dapat mencari informasi mengenai pengalaman dan pendidikan mereka di situs web sekolah atau dengan bertanya langsung kepada pihak sekolah.
  • Ketersediaan fasilitas: Pastikan sekolah kedinasan jurusan IPS yang kamu pilih memiliki fasilitas yang memadai, seperti gedung yang nyaman, perpustakaan yang lengkap, laboratorium, dan fasilitas olahraga.
  • Cari tahu reputasi sekolah: Lakukan riset tentang reputasi sekolah kedinasan jurusan IPS yang kamu pilih. Baca ulasan dan pendapat dari para alumni dan orang tua siswa yang pernah bersekolah di sana.
  • Perhatikan lokasi dan biaya: Pilih sekolah kedinasan jurusan IPS yang terletak di tempat yang mudah dijangkau dan sesuai dengan budgetmu. Pastikan biaya sekolah yang dikenakan dapat dipenuhi olehmu atau keluargamu.
BACA INI :  Ini 7 Ciri-Ciri Orang yang Cocok Masuk Jurusan Hukum

Prospek Kerja Lulusan Sekolah Kedinasan Jurusan IPS

Setelah menyelesaikan pendidikan di Sekolah Kedinasan Jurusan IPS, kamu akan memiliki keterampilan khusus dalam bidang ilmu sosial dan politik. Tentunya, ini akan membuka peluang kerja yang beragam. Beberapa pekerjaan yang dapat dipilih antara lain:

  • Penyidik di kepolisian atau kejaksaan
  • Pegawai pada lembaga-lembaga pemerintah seperti Kementerian Luar Negeri, Departemen Dalam Negeri, dan lain-lain
  • Pembantu diplomatik atau staf konsuler di Kedutaan Besar atau Konsulat
  • Pekerja di sektor swasta seperti perusahaan konsultan manajemen, perusahaan riset, dan lembaga keuangan seperti bank dan asuransi

Prospek pekerjaan juga dapat tergantung pada spesialisasi yang dipilih selama masa pendidikan. Misalnya, jika memilih spesialisasi hukum, kamu mungkin lebih cocok untuk bekerja di lembaga penegak hukum atau perusahaan hukum.

Namun, penting untuk diingat bahwa persaingan di dunia kerja sangat ketat. Oleh karena itu, lulusan Sekolah Kedinasan Jurusan IPS harus terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka agar dapat bersaing dengan baik di pasar kerja.

Kesimpulan

Dari daftar 9 Sekolah Kedinasan Jurusan IPS yang sepi peminat di Indonesia, dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor seperti kurangnya informasi mengenai prospek kerja lulusan dan kurikulum yang tidak mendukung perkembangan siswa menjadi penyebab utama sepi peminatnya Sekolah Kedinasan Jurusan IPS. Namun, bukan berarti semua Sekolah Kedinasan Jurusan IPS memiliki masalah yang sama. Oleh karena itu, penting bagi calon siswa dan orang tua untuk melakukan riset dan mempertimbangkan dengan matang sebelum memilih Sekolah Kedinasan yang tepat.

Dari tips memilih Sekolah Kedinasan Jurusan IPS yang tepat yang telah dibahas, penting bagi calon siswa untuk memperhatikan akreditasi sekolah, kurikulum yang ditawarkan, dan peluang kerja setelah lulus. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, diharapkan calon siswa dapat memilih Sekolah Kedinasan Jurusan IPS yang sesuai dengan minat dan potensi mereka.

Avatar photo
Author - Tipscermat.com

Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah Mada

Dosen Educational Sciences at Universitas Indonesia

English Teacher at Ruangguru.com

Content Writer at Kompas.com

Menggeluti bidang pendidikan dan informasi pendidikan seputar universitas, beasiswa, jurusan kuliah, dan berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris sejak tahun 2019.

More Posts
Back to top button