INFO SNBP

Tips Sebelum Memilih Jurusan di SNBP agar Peluang diterimanya Besar

Pemilihan studi sangat mempengaruhi masa depan

Avatar photo
Author - Tipscermat.com

Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah Mada

Dosen Educational Sciences at Universitas Indonesia

English Teacher at Ruangguru.com

Content Writer at Kompas.com

Menggeluti bidang pendidikan dan informasi pendidikan seputar universitas, beasiswa, jurusan kuliah, dan berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris sejak tahun 2019.

Avatar photo
Author - Tipscermat.com

Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah Mada

Dosen Educational Sciences at Universitas Indonesia

English Teacher at Ruangguru.com

Content Writer at Kompas.com

Menggeluti bidang pendidikan dan informasi pendidikan seputar universitas, beasiswa, jurusan kuliah, dan berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris sejak tahun 2019.

TIPSCERMATMemilih jurusan di SNBP bukan sekadar memilih jurusan kuliah. Program studi yang Anda pilih akan mempengaruhi masa depan Anda, termasuk karier Anda kelak.

Bahkan, pilihan program studi dapat menentukan apakah Anda akan diterima atau tidak dalam program studi tersebut. Bagaimana bisa?

Sebenarnya, pemilihan jurusan di Sains dan Teknik lebih kompleks dibandingkan di Sains dan Teknik Non-Akademis. Bagaimana cara memilih jurusan yang tepat?

Berikut Beberapa Tahap dalam Memilih Jurusan di SNBP

1. Ketahui Pasti Minat dan Kemampuan yang Di Miliki

Memilih jurusan di SNBP anda pasti sudah mendengar saran dari orang tua, Guru Bimbingan dan Konseling, saudara kelas, atau  dari artikel-artikel.

Sebelumnya semua menyarankan bahwa siswa IPA dianjurkan untuk memilih jurusan Sains dan Teknik.

Sedangkan siswa IPS atau Bahasa sebaiknya memilih jurusan Sosial dan Humaniora. Namun, ketentuan SNBP 2023 telah berubah.

Pada SNBP 2023, tidak ada batasan yang diterapkan bahwa siswa dari kelas tertentu harus memilih jurusan kuliah atau program studi tertentu. Setiap siswa diberikan kebebasan untuk memilih program studi di SNBP.

“Setiap siswa dari jurusan IPA, IPS atau Bahasa diperbolehkan untuk memilih program studi di perguruan tinggi negeri,” itulah ketentuan SNBP 2023.

Anda benar-benar bebas memilih jurusan yang Anda inginkan di SNBP 2023. Namun, ini adalah saat di mana kematangan berpikir Anda diuji.

Sebagai contoh, apakah Anda akan memilih prodi yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda atau hanya mengikuti pilihan teman-teman Anda saja.

BACA INI :  8 Rekomendasi Jurusan di SNBP Bagi Peminat Ilmu Biologi

Pemilihan jurusan yang matang dan didasarkan pada minat dan kemampuan Anda sangat penting untuk kesuksesan di masa depan.

2. Pertimbangkan Besar Peluang Lolos di Prodi yang Dipilih

Memilih jurusan di SNBP salah satu strateginya yang penting dalam memilih jurusan kuliah adalah mengetahui peluang kelulusan di jurusan yang diminati.

Meskipun tidak menjadi ketentuan SNBP 2023, dianjurkan untuk memilih jurusan SNBP 2023 yang telah meloloskan siswa sekelas Anda di sekolah.

Guru Bimbingan dan Konseling, Wali Kelas, atau staf Tata Usaha sekolah mungkin dapat membantu Anda. Mereka semua mengetahui riwayat dari alumni yang lolos seleksi prestasi di universitas mana dan jurusan apa.

Tentunya, Anda dapat menerapkan tips SNBP 2023 ini hanya jika siswa alumni tersebut juga telah memilih jurusan yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan Anda.

Jangan sampai sebaliknya, teman-teman. Tidak baik jika Anda memiliki minat dan kemampuan di bidang matematika, tetapi Anda memilih jurusan bahasa hanya karena siswa alumni yang banyak lolos seleksi di situ.

Sebelum memilih program studi di SNBP 2023, carilah informasi mengenai kapasitas daya tampung jurusan yang Anda incar di berbagai kampus yang berbeda.

Carilah juga jumlah peminat pada tahun 2022. Dari kedua variabel ini, Anda dapat menentukan tingkat keketatan program studi.

Jika Anda memilih dua program studi di SNBP, carilah informasi mengenai keketatan pada setiap program studi tersebut. Tips SNBP 2023 ini dapat memberikan gambaran tentang jurusan di kampus mana yang memiliki peluang kelulusan yang lebih besar.

3. Ikuti Ketentuan SNBP

Memilih jurusan di SNBP salah satu syarat untuk mengikuti jalur SNBP 2023 adalah mematuhi ketentuan yang berlaku. Dalam pemilihan jurusan di SNBP, sebenarnya tidak terdapat perubahan yang signifikan dari tahun-tahun sebelumnya.

BACA INI :  Kuota Daya Tampung dan Peminat SNBP UI 2024/2025

Ada dua ketentuan SNBP 2023 yang harus diperhatikan saat memilih jurusan, teman-teman yang cerdas. Pertama, “Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu perguruan tinggi negeri atau dua perguruan tinggi negeri.” Artinya, batas maksimal program studi yang dapat dipilih adalah dua.

Ketentuan SNBP 2023 yang lain adalah “Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di Perguruan Tinggi Negeri yang berada di provinsi yang sama dengan asal SMA/MA/SMK.”

Sebagai contoh, jika sekolah Anda berada di Provinsi Kalimantan Timur, maka jika Anda memilih Prodi X dan Y, Prodi X harus berada di Perguruan Tinggi Negeri di Kalimantan Timur. Namun, untuk Prodi Y, Anda dapat memilih Perguruan Tinggi Negeri di provinsi lain.

Ketentuan SNBP 2023 yang terakhir adalah “Jika hanya memilih satu program studi, dapat memilih Perguruan Tinggi Negeri yang berada di provinsi apapun.”

Bagi yang yakin dengan hanya memilih satu program studi saja di SNBP 2023, maka dapat memilih program studi tersebut berada di Perguruan Tinggi Negeri di provinsi apapun tanpa adanya batasan asal sekolah dalam pemilihan jurusan di SNBP.

Nah, apakah Anda sudah siap dengan pilihan program studi Anda untuk SNBP 2023, Sobat Pintar? Anda masih memiliki waktu untuk memperkuat pilihan Anda sampai jadwal pemilihan jurusan SNBP 2023 tiba.

Saat ini, sampai tanggal 8 Februari 2023, Anda hanya perlu menunggu apakah nama Anda termasuk dalam daftar siswa yang berhak untuk mengikuti SNBP 2023.

Jika Anda berhak, pastikan untuk mengikuti proses pendaftaran SNBP mulai tanggal 14 hingga 28 Februari 2023. Pada saat itu, Anda harus yakin dengan program studi SNBP 2023 yang Anda pilih, ya!

Back to top button