BLOG

6 Sekolah Ikatan Dinas Yang Peluang Masuknya Besar

Avatar photo
Author - Tipscermat.com

Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah Mada

Dosen Educational Sciences at Universitas Indonesia

English Teacher at Ruangguru.com

Content Writer at Kompas.com

Menggeluti bidang pendidikan dan informasi pendidikan seputar universitas, beasiswa, jurusan kuliah, dan berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris sejak tahun 2019.

Avatar photo
Author - Tipscermat.com

Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah Mada

Dosen Educational Sciences at Universitas Indonesia

English Teacher at Ruangguru.com

Content Writer at Kompas.com

Menggeluti bidang pendidikan dan informasi pendidikan seputar universitas, beasiswa, jurusan kuliah, dan berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris sejak tahun 2019.

TIPSCERMAT – Bagi kamu yang tertarik bergabung dengan institusi negara melalui sekolah ikatan dinas, tentunya ingin mencari sekolah yang memiliki peluang masuk yang besar. Tak perlu khawatir, artikel ini akan membahas sepuluh sekolah ikatan dinas yang peluang masuknya besar, mulai dari TNI, POLRI, hingga Kementerian Kelautan dan Perikanan. Simak selengkapnya di bawah ini.

Sekolah Ikatan Dinas TNI

Bagi kamu yang tertarik untuk bergabung dengan TNI, ada beberapa sekolah ikatan dinas yang peluang masuknya besar yang bisa kamu pertimbangkan. Berikut adalah beberapa pilihan sekolah ikatan dinas TNI:

1. Akademi Militer

Akademi Militer atau Akmil merupakan sekolah ikatan dinas TNI yang paling populer dan bergengsi. Sekolah ini menghasilkan calon-calon perwira TNI yang berkualitas dan memiliki kemampuan dalam bidang strategi militer, kepemimpinan, dan administrasi. Peluang masuk ke Akmil cukup ketat, namun jika kamu berhasil diterima, maka kamu akan mendapatkan fasilitas dan pendidikan yang terbaik.

2. Akademi Angkatan Udara

Bagi yang tertarik menjadi prajurit di bidang penerbangan, Akademi Angkatan Udara atau AAU bisa menjadi pilihan yang tepat. Sekolah ini menghasilkan calon-calon perwira TNI AU yang memiliki kemampuan terbang dan memelihara pesawat terbang. Peluang masuk ke AAU cukup kompetitif, namun jika kamu berminat dan memiliki kemampuan yang cukup, maka kesempatan untuk diterima cukup besar.

3. Akademi Angkatan Laut

Bagi yang berminat menjadi prajurit TNI AL, Akademi Angkatan Laut atau AAL bisa menjadi alternatif yang menarik. Sekolah ini menghasilkan calon-calon perwira TNI AL yang memiliki kemampuan dalam bidang navigasi, teknologi maritim, dan manajemen operasi laut. Peluang masuk ke AAL cukup ketat, namun jika kamu memenuhi persyaratan dan memiliki kemampuan yang cukup, maka kamu bisa berpeluang untuk diterima.

BACA INI :  Teks Janji Siswa Lengkap Serta Penerapannya

4. Sekolah Tinggi Teknologi Pertahanan Nasional

Sekolah Tinggi Teknologi Pertahanan Nasional atau STTPN merupakan sekolah ikatan dinas TNI yang khusus menangani bidang teknologi pertahanan. Sekolah ini menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam bidang riset, pengembangan, dan penggunaan teknologi dalam mendukung operasi pertahanan. Peluang masuk ke STTPN cukup ketat, namun jika kamu memiliki kemampuan dan minat dalam bidang teknologi, maka kesempatan untuk diterima cukup besar.

5. Sekolah Ikatan Dinas POLRI

Bagi yang tertarik menjadi anggota kepolisian, POLRI juga memiliki beberapa sekolah ikatan dinas yang peluang masuknya besar yang bisa dipilih. Salah satunya adalah Akademi Kepolisian, yang memiliki kebijakan penerimaan yang cukup terbuka dan peluang masuk yang besar bagi calon siswa.

Selain Akademi Kepolisian, ada juga Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) yang merupakan sekolah ikatan dinas POLRI lainnya. Sekolah ini memfokuskan pada pendidikan dan pelatihan calon inspektur polisi yang nantinya akan mengisi jabatan strategis di kepolisian.

6. Sekolah Ikatan Dinas Kementerian Kelautan dan Perikanan

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyelenggarakan Sekolah Tinggi Pendidikan Tinggi Kelautan dan Perikanan (STP-KP) sebagai sekolah ikatan dinas untuk calon-calon pegawai KKP. STP-KP dikenal memiliki program pendidikan dan pelatihan yang komprehensif untuk menghasilkan calon-calon pegawai yang berkualitas.

Para siswa STP-KP akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan di bidang kelautan dan perikanan, serta manajemen dan administrasi. STP-KP menawarkan lima jurusan, yaitu Teknika, Nautika, Bisnis Kelautan dan Perikanan, Manajemen Sumberdaya Perairan, dan Teknologi Hasil Perikanan.

Setelah menyelesaikan pendidikan di STP-KP, para siswa akan diangkat sebagai pegawai di KKP dengan masa ikatan dinas selama 10 tahun. Namun, bagi yang memiliki kemampuan dan bakat yang lebih, STP-KP juga membuka peluang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang magister di bidang kelautan dan perikanan.

BACA INI :  10 Aplikasi Administrasi Sekolah Terbaik

Sekolah Ikatan Dinas Lainnya

Selain tiga pilihan di atas, masih ada beberapa sekolah ikatan dinas yang peluang masuknya besar. Contohnya adalah:

  • Akademi Imigrasi. Sekolah yang menawarkan program pendidikan fungsional dan spesifik dalam bidang imigrasi.
  • Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Sekolah yang menawarkan program pendidikan tinggi di bidang akuntansi negara.
  • Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK). Sekolah yang menawarkan program pendidikan dan pelatihan di bidang ilmu kepolisian.

Meskipun tidak sepopuler TNI, POLRI, atau KKP, namun sekolah ikatan dinas lainnya ini juga menawarkan karir yang menjanjikan bagi yang lulus.

Memilih Sekolah Ikatan Dinas yang Tepat

Memilih sekolah ikatan dinas yang peluang masuknya besar bukanlah keputusan yang mudah. Kamu perlu mempertimbangkan beberapa faktor agar bisa memilih sekolah yang tepat, seperti minat, bakat, dan kemampuan.

Sebelum memilih sekolah ikatan dinas yang akan kamu ikuti, pastikan kamu memahami persyaratan dan prosedur pendaftaran yang berlaku untuk setiap sekolah. Hal ini akan membantumu mempersiapkan diri dengan baik dan menghindari kesalahan yang tidak perlu.

Berikut beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih sekolah ikatan dinas:

  1. Minat dan bakat. Pastikan kamu memilih sekolah yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Hal ini akan memudahkanmu untuk belajar dengan lebih maksimal dan meminimalkan rasa tertekan saat mengikuti pendidikan dan pelatihan di sekolah.
  2. Kemampuan. Memilih sekolah yang sesuai dengan kemampuanmu juga sangat penting. Jangan sampai kamu memilih sekolah yang terlalu tinggi dan sulit dan akhirnya tidak mampu lolos seleksi. Sebaliknya, jangan pula memilih sekolah yang terlalu rendah dan mudah dan menghambatmu meraih potensi terbaikmu.
  3. Peluang karir. Pastikan kamu memilih sekolah yang memiliki peluang karir yang menjanjikan. Kamu dapat mencari informasi tentang prospek karir lulusan sekolah dari alumni atau sumber informasi lainnya.
  4. Fasilitas dan lingkungan. Fasilitas dan lingkungan sekolah juga perlu dipertimbangkan. Pilihlah sekolah yang memiliki fasilitas yang memadai dan lingkungan yang mendukung pembelajaran dan pelatihanmu.
BACA INI :  Ini 4 Sekolah Internasional Terbaik di Jakarta

Dengan memperhitungkan semua faktor tersebut, diharapkan kamu bisa memilih sekolah ikatan dinas yang peluang masuknya besar dan menjadi langkah awalmu untuk meraih karir yang sukses di masa depan.

Sekolah Ikatan Dinas yang Sepi Peminat

Memilih sekolah ikatan dinas yang sepi peminat dapat menjadi alternatif bagi calon siswa yang ingin mendapatkan peluang masuk yang lebih besar. Berikut adalah beberapa sekolah ikatan dinas yang masih sepi peminat:

SekolahPersyaratan
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Militer (STIKM)Lulus SMA atau sederajatUsia maksimal 25 tahunTinggi badan minimal 160 cmTidak buta warna
Akademi Keperawatan Bhakti Wira Tamtama (AKBWT)Lulus SMA atau sederajatUsia maksimal 22 tahunTinggi badan minimal 155 cmTidak buta warna

BACA SELENGKAPNYA

Sebelum memilih sekolah ikatan dinas yang sepi peminat, pastikan kamu memenuhi semua persyaratan dan mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti minat dan bakat. Selain itu, jangan lupa untuk mempelajari prosedur pendaftaran yang berlaku agar bisa mempersiapkan diri dengan matang.

Kesimpulan

Mengambil keputusan untuk memilih sekolah ikatan dinas yang peluang masuknya besar memang tidak mudah. Namun, dengan mempertimbangkan segala faktor dengan matang, kamu bisa mendapatkan peluang besar untuk meraih karir yang gemilang di masa depan. Persiapkan dirimu sebaik mungkin dan jangan ragu untuk mendaftar sekarang juga!

Avatar photo
Author - Tipscermat.com

Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah Mada

Dosen Educational Sciences at Universitas Indonesia

English Teacher at Ruangguru.com

Content Writer at Kompas.com

Menggeluti bidang pendidikan dan informasi pendidikan seputar universitas, beasiswa, jurusan kuliah, dan berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris sejak tahun 2019.

More Posts
Back to top button