BLOG

10 Best Universitas Negeri di Jakarta Beserta Jurusannya

Avatar photo
Author - Tipscermat.com

Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah Mada

Dosen Educational Sciences at Universitas Indonesia

English Teacher at Ruangguru.com

Content Writer at Kompas.com

Menggeluti bidang pendidikan dan informasi pendidikan seputar universitas, beasiswa, jurusan kuliah, dan berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris sejak tahun 2019.

Avatar photo
Author - Tipscermat.com

Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah Mada

Dosen Educational Sciences at Universitas Indonesia

English Teacher at Ruangguru.com

Content Writer at Kompas.com

Menggeluti bidang pendidikan dan informasi pendidikan seputar universitas, beasiswa, jurusan kuliah, dan berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris sejak tahun 2019.

TIPSCERMAT – Mencari kuliah yang terjangkau dan memiliki fasilitas lengkap di Jakarta? Berikut 10 Universitas Negeri di Jakarta beserta jurusannya! Jakarta memiliki ragam fasilitas publik, mulai dari transportasi hingga pendidikan. Namun, untuk mendapatkan pendidikan berkualitas dengan biaya terjangkau, beberapa Universitas Negeri di Jakarta menawarkan program studi dengan fasilitas lengkap. Mari simak rekomendasi Universitas Negeri di Jakarta Beserta Jurusannya.

Jika Anda tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Jakarta, ada banyak sekolah yang dapat menjadi pilihan. Mulai dari universitas, politeknik, akademi, hingga sekolah tinggi level tinggi. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang sekolah dan kuliah di Jakarta, silakan baca artikel ini!

10 Universitas Negeri di Jakarta dan Jurusan yang Tersedia

Berikut adalah daftar universitas negeri di Jakarta yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mencapai cita-cita di masadepan!

1. Universitas Indonesia (UI)

Kampus Universitas Indonesia didirikan pada masa kolonial Belanda tahun 1849 dan dulunya dikenal sebagai STOVIA. Saat ini, UniIndo memiliki 2 kampus yang berlokasi di Jalan Salemba, Jakarta Pusat serta Depok, Jawa Barat.

Meskipun Universitas Indonesia Depok berada di provinsi Jawa Barat, dekat dengan Jakarta Selatan. Kampus UI yang berlokasi strategis ini tidak terlalu jauh dari pusat kota jakarta dan sangat mudah dijangkau.

Pilihan Jurusan di Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia menyediakan berbagai pilihan program studi bagi para mahasiswa, termasuk Fakultas Hukum, Teknik, Psikologi, Ilmu Komputer, Ilmu Administrasi, Ilmu Keperawatan, Ekonomi dan Bisnis, Matematika dan IPA, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Sosial dan Politik serta budaya. Program Vokasi (D3 dan D4 Sarjana Terapan) juga tersedia. Biaya kuliah pun telah diatur.

Biaya kuliah UI terdiri dari BOP (Biaya Operasional Pendidikan) dan UP (Uang Pangkal). BOP adalah biaya yang harus dibayarkan setiap semester. Sementara itu, UP hanya diperlukan di semester awal perkuliahan bagi mahasiswa S1 Paralel, Vokasi, dan Kelas Internasional.

Mahasiswa yang masuk melalui SNMPTN dan UTBK memperoleh BOP Reguler mulai dari 0 hingga 7.500.000 rupiah per semester. Sementara mahasiswa Vokasi, Kelas Internasional dan SIMAK akan menerima BOP antara 10 juta hingga 50 juta rupiah per semester. Uang Pembangunan (UP) berkisar di angka 11 juta – 50 juta rupiah.

BACA INI :  10 Rekomendasi Kerja Online Untuk Pelajar

2. Universitas Islam Negeri Jakarta

Kamu ingin melanjutkan pendidikan sambil memperdalam ilmu agama? UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah salah satu pilihan universitas negeri di jakarta. Berdiri sejak 1957, UIN ini menawarkan berbagai jurusan bidang keagamaan maupun jurusan umum di lokasi Ciputat, Tangerang Selatan yang terbilang dekat dengan pusat kota Jakarta. Jadi, tak perlu jauh-jauh dari rumah untuk kuliah nih!

Jurusan di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan mengelola pendidikan agama, sains, sosial, dan humaniora. Fakultas Adab dan Humaniora meliputi sejarah dan sastra. Fakultas Ushuluddin mempelajari filsafat Islam, aqidah, Al-Quran, hadist, dan tasawuf. Fakultas Syariah dan Hukum membahas hukum-hukum dalam Islam. Sementara itu, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi menekankan aspek komunikasi. Di Universitas Islam Negeri Jakarta juga ada Fakultas Dirasat Islamiyah, Psikologi, Ekonomi dan Bisnis, Sains dan Teknologi, Ilmu Sosial dan Politik serta Kedokteran. Biaya Kuliahnya pun terjangkau.

Setiap semester, mahasiswa UIN wajib membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT), yang berkisar dari 400.000 hingga 45.000.000 rupiah tergantung program studi yang dipilih.

3. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) adalah salah satu institusi pendidikan terkemuka di Indonesia. Sebelumnya bernama IKIP (Institut Keguruan Ilmu Pendidikan), sejak tahun 1999 UNJ telah membuka fakultas non-pendidikan, menawarkan berbagai jenis kursus bagi para mahasiswanya. UNJ memiliki 4 kampus yang tersebar di wilayah Jakarta Timur dan Selatan.

Pilihan Jurusan di UNJ

Universitas Negeri Jakarta memiliki berbagai fakultas dan jurusan, yang tersebar di tiga kampusnya. Fakultas Matematika dan IPA, FIP, Ilmu Sosial, Teknik, Ekonomi, Bahasa dan Seni ada di Kampus B Rawamangun Jakarta Timur. Sedangkan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Psikologi berada di Kampus D & E Setiabudi Jakarta Selatan. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar diselenggarakan oleh UNJ dengan biaya kuliah yang terjangkau.

UNJ telah menciptakan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal) bagi mereka yang mendaftar melalui SNMPTN, UTBK-SBMPTN, dan Penmaba. Namun, bagi mahasiswa yang ingin mendaftar mandiri, harus membayar uang pangkal atau SPU (Sumbangan Pengembangan Universitas), yaitu sekali bayar.

Ukuran UKT di UNJ berkisar dari 500.000 hingga 10.300.000 rupiah sedangkan SPU berada di antara 7.500.000 sampai 20.000.000 rupiah.

4. UPN Veteran Jakarta

Universitas negeri di jakarta selanjutnya adalah UPN Veteran Jakarta. Univ negeri ini masih dianggap sebagai universitas negeri di Jakarta yang baru, karena berdiri secara resmi menjadi universitas negeri tahun 2014 lalu. Walaupun begitu, program studi yang mereka tawarkan tetap cukup lengkap. Kampus ini terletak di Jalan Fatmawati, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Berikut adalah daftar Jurusan di Universitas Veteran Jakarta:

Di UPN Veteran Jakarta, Anda dapat memilih dari berbagai fakultas untuk melanjutkan pendidikan, seperti Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Komputer, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Ini juga menawarkan program vokasi (D3). Biaya kuliah tersedia dengan harga yang sangat wajar.

BACA INI :  Ini Biaya dan Keunggulan Bimbel Bintang Pelajar

Mahasiswa yang lolos di SNMPTN, UTBK, dan seleksi mandiri D3 UPNVJ hanya perlu membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT). Namun, bagi mahasiswa yang lolos melalui jalur mandiri S1 perlu membayar UKT dan juga Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).

Besaran UKT berada pada rentang 500.000 – 22.300.000 rupiah tiap semester. Adapun besaran SPI yaitu 10.000.000 hingga 40.000.000 rupiahnya.

5. Politeknik Negeri Media Kreatif

Politeknik Negeri Media Kreatif adalah sebuah universitas negeri di Jakarta yang berfokus pada desain, televisi dan film, hingga kuliner. Kampus tersebut berlokasi di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan dan menyediakan program pendidikan D3 dan D4.

Program Studi di Politeknik Negeri Media Kreatif

Pelajari teknik multimedia, grafis dan desain untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda dalam industri media kreatif. Kami menawarkan program pembelajaran yang mencakup teknik grafika, kemasan, pemeliharaan mesin, desain grafis, penerbitan periklanan, fotografi, penyiaran (broadcasting), animasi, desain mode, manajemen hotel dan rekayasa permainan. Biaya kuliah di Politeknik Media Kreatif terjangkau.

Mahasiswa Politeknik Media Kreatif harus membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) setiap semester, yang ditentukan berdasarkan jurusannya. Jumlahnya bervariasi mulai dari 6.000.000 sampai 8.000.000 rupiah.

6. Politeknik Negeri Jakarta

Kalau kamu ingin mendapatkan gelar D3 dan Sarjana Terapan melalui universitas negeri di jakarta maka, Politeknik Negeri Jakarta adalah tempat yang sempurna untuk menambah ilmu pengetahuan . Awalnya, PNJ tergabung di Politeknik UI. Namun pada 1998, institut ini berubah nama jadi Politeknik Negeri Jakarta tetapi masih di area Universitas Indonesia lho, tepatnya di Kukusan Depok.

Program Studi di Politeknik Negeri Jakarta

Politeknik Negeri Jakarta menawarkan program studi dalam bidang Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Akuntansi, Administrasi Niaga, Teknik Grafika, Penerbitan, Teknik Informatika dan Komputer. Biaya kuliah di Politeknik Negeri Jakarta juga bisa didapatkan.

PNJ menggunakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebagai biaya kuliah. Nilainya bisa berbeda-beda sesuai jenjang dan kemampuan mahasiswa, mulai dari 3.650.000 hingga 12.200.000 rupiah untuk semester ini saja.

7. Lembaga Pendidikan Tinggi Ilmu Statistika (STIS)

Politeknik STIS, yang berada di bawah Badan Pusat Statistik, lokasinya berada di Jalan Otto Iskandardinata, Jatinegara, Jakarta Timur. Berbagai program studi yang ditawarkan membuat peminatnya sangat tinggi karena diharapkan prospek kerja akan semakin baik di masa depan.

STIS menawarkan berbagai program D3 dan D4 dalam bidang Statistika dan Komputasi Statistik. Biaya kuliah untuk semua program tersebut tersedia untuk dilihat di STIS.

Sebagai seorang mahasiswa di Sekolah Tinggi Intelijen Strategis (STIS), tidak perlu khawatir tentang biaya pendidikan. Kamu akan dibebaskan dari biaya pendidikan hingga lulus, meski ada biaya pendaftaran sebesar 300.000 rupiah yang harus dibayarkan saat proses seleksi.

8. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

IPDN memiliki Kampus Utama di Jatinangor, Jawa Barat, serta berbagai kampus regional yang tersebar di kota-kota lain. Salah satunya berada di Jalan Ampera Raya, Cilandak, Jakarta Selatan. Sebagai perguruan tinggi negeri di bawah Kementerian Dalam Negeri, IPDN menjanjikan pendidikan dan pelayanan publik di seluruh Indonesia.

BACA INI :  Ketahui Mata Kuliah Teknik Industri Agar Tidak Salah Pilih!

IPDN memiliki berbagai macam program studi yang mencakup Politik Indonesia Terapan, Kebijakan Publik, Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat, Administrasi Pemerintahan Daerah, Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik, Keuangan Publik, Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan, Perpolisian Tata Pamong, Studi Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik. IPDN menawarkan biaya kuliah yang terjangkau kepada mahasiswanya.

Sebagai sekolah tinggi yang diakui secara resmi, tidak ada biaya pendidikan bagi para mahasiswa STIS sampai usia lulus. Namun, waktu melamar, calon mahasiswa harus membayar pembayaran sebesar 50.000 rupiah untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Alternatif Universitas di Jakarta

Bagi beberapa orang, memilih untuk berkuliah di universitas negeri di jakarta bukanlah pilihan yang tepat. Ada beberapa alternatif universitas di Jakarta yang bisa dipertimbangkan sebagai opsi selain universitas negeri.

Salah satu alternatifnya adalah universitas swasta di Jakarta, terdapat banyak sekali universitas swasta di jakarta dengan kualitas pendidikan yang tidak kalah baik dari universitas negeri di jakarta. Beberapa contoh universitas swasta terbaik di jakarta antara lain Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Kristen Indonesia (UKI), dan Binus University.

Selain itu, ada juga lembaga pendidikan tinggi luar negeri yang memiliki kampus di Jakarta seperti Monash University Australia dan Singapore Institute of Management (SIM). Meskipun biayanya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan biaya kuliah di universitas negeri di jakaera maupun univ swasta lokal, namun fasilitas serta pengajarannya cukup berkualtas.

Jangan lupa bahwa perguruan tinggi vokasi atau politeknik juga menjadi salah satu alternatif bagi para siswa SMA/SMK yang ingin melanjutkan ke jenjang kuliah. Dalam hal ini salah satunya adalah Politeknik Negeri Jakarta yang menawarkan jurusan-jurusan populer seperi Teknik Informatika dan Kesehatan Lingkungan.

Kesimpulan

Dari 10 universitas negeri di Jakarta yang telah disebutkan, setiap institusi menawarkan jurusan yang unik dan berkualitas tinggi. Pilihan untuk melanjutkan pendidikan pada salah satu universitas di jakarta tersebut tentu menjadi keputusan penting dalam hidup seseorang. Karenanya, calon mahasiswa perlu mempertimbangkan dengan matang berbagai faktor seperti ketersediaan jurusan, biaya kuliah, fasilitas kampus hingga reputasi univ negeri di jakarta.

Namun tak hanya kondisi finansial saja yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan perguruan tinggi. Mahasiswa juga perlu memilih fakultas atau jurusan yang tepat sesuai dengan minat dan bakatnya agar dapat meraih prestasi baik selama perkuliahan serta meningkatkan peluang karir di masa depan.

Dalam era persaingan global saat ini, lulusan perguruan tinggi dituntut memiliki kemampuan kompetitif dan adaptif guna menghadapi dunia kerja yang semakin dinamis. Oleh karena itu, pemilihan Universitas Negeri Terbaik di Jakarta sangatlah penting bagi mereka yang ingin sukses di masa depan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi calon mahasiswa maupun masyarakat luas untuk mengetahui lebih lanjut tentang 10 Universitas Negeri di Jakarta beserta jurusannya.

Avatar photo
Author - Tipscermat.com

Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah Mada

Dosen Educational Sciences at Universitas Indonesia

English Teacher at Ruangguru.com

Content Writer at Kompas.com

Menggeluti bidang pendidikan dan informasi pendidikan seputar universitas, beasiswa, jurusan kuliah, dan berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris sejak tahun 2019.

More Posts
Back to top button