BEASISWA

12 Beasiswa S2 Luar Negeri yang Mudah Didapatkan

Avatar photo
Author - Tipscermat.com

Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah Mada

Dosen Educational Sciences at Universitas Indonesia

English Teacher at Ruangguru.com

Content Writer at Kompas.com

Menggeluti bidang pendidikan dan informasi pendidikan seputar universitas, beasiswa, jurusan kuliah, dan berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris sejak tahun 2019.

Avatar photo
Author - Tipscermat.com

Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah Mada

Dosen Educational Sciences at Universitas Indonesia

English Teacher at Ruangguru.com

Content Writer at Kompas.com

Menggeluti bidang pendidikan dan informasi pendidikan seputar universitas, beasiswa, jurusan kuliah, dan berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris sejak tahun 2019.

TIPSCERMAT – Melanjutkan studi ke luar negeri di tingkat Magister adalah impian banyak mahasiswa. Namun, biaya kuliah yang tinggi sering menjadi hambatan yang sulit diatasi. Untungnya, ada berbagai beasiswa S2 luar negeri yang tersedia untuk mahasiswa Indonesia.

Artikel ini akan memberikan informasi tentang 12 beasiswa yang relatif mudah didapatkan bagi mereka yang ingin meneruskan studi ke luar negeri. Beasiswa ini mencakup berbagai kategori dan disediakan oleh pemerintah, universitas, organisasi internasional, dan perusahaan swasta. Mari kita mulai!

Beasiswa S2 Pemerintah Luar Negeri

Beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah negara lain bisa menjadi opsi menarik untuk melanjutkan studi S2 di luar negeri. Beberapa keuntungan yang bisa didapat adalah bebas biaya kuliah dan biaya hidup, serta kesempatan untuk belajar di lingkungan internasional yang berbeda.

NegaraBeasiswaPersyaratanDeadline
AustraliaAustralia Awards ScholarshipWarga negara Indonesia, punya pengalaman kerja minimal 2 tahun, punya IELTS minimal 6,530 April
BelandaNetherlands Fellowship ProgramsWarga negara Indonesia, punya unconditional letter of admission, punya skor minimal IELTS 6.5 atau TOEFL iBT 901 Februari/1 Oktober

Beberapa negara yang juga menawarkan beasiswa untuk S2 adalah Selandia Baru, Jerman, Kanada, dan Korea Selatan. Syarat dan ketentuannya bervariasi, jadi pastikan untuk melakukan riset lebih lanjut sebelum mengajukan aplikasi.

Beasiswa S2 Universitas Luar Negeri

Beasiswa yang disediakan oleh universitas luar negeri juga menjadi pilihan yang menarik bagi para mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2 di luar negeri. Umumnya, beasiswa universitas luar negeri diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang sangat baik dan memiliki minat di bidang penelitian tertentu.

BACA INI :  Syarat Dapatkan Beasiswa S2 UNPAD Terbaru

Beberapa universitas yang menawarkan beasiswa S2 untuk mahasiswa internasional antara lain:

UniversitasJenis BeasiswaKriteria
University of Cambridge, InggrisCambridge International ScholarshipMahasiswa internasional dengan prestasi akademik yang sangat baik
University of Melbourne, AustraliaMelbourne Research ScholarshipMahasiswa internasional dengan prestasi akademik yang sangat baik dan memiliki minat di bidang penelitian tertentu

Proses aplikasi dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa universitas luar negeri dapat berbeda-beda tergantung dari universitas yang dituju. Biasanya, mahasiswa harus mengajukan permohonannya secara online dan melampirkan dokumen seperti transkrip nilai, rekomendasi dari dosen, serta surat motivasi yang menjelaskan alasan mengapa ingin melanjutkan studi di universitas tersebut.

Jangan lupa juga untuk memeriksa batas waktu aplikasi dan menjaga jadwal sehingga tidak ketinggalan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa S2 dari universitas luar negeri.

Beasiswa Organisasi Internasional

Organisasi Internasional juga menyediakan beasiswa untuk mahasiswa dari negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Tujuan dari program beasiswa ini adalah untuk mempromosikan pertukaran budaya dan mendukung pendidikan di daerah-daerah yang kurang berkembang.

Beberapa organisasi internasional yang menyediakan beasiswa S2 luar negeri antara lain:

OrganisasiDeskripsiKriteriaDeadline
UNESCOProgram beasiswa UNESCO memberikan kesempatan pada mahasiswa dari negara-negara berkembang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang magister di seluruh dunia.IPK minimal 3.0; TOEFL minimal 55031 Oktober
World BankProgram beasiswa Robert S. McNamara ditujukan untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang magister di luar negeri dan mempunyai motivasi untuk berkontribusi pada pembangunan negaranya.Usia batas 35 tahun; IPK minimal 3.0; harus memiliki tawaran penerimaan dari universitas rekanan World Bank30 April

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kriteria dan aplikasi beasiswa organisasi internasional, mohon kunjungi situs web resmi masing-masing organisasi.

BACA INI :  Cara Dapatkan Beasiswa Tahfidz Kedokteran Undip Terbaru

Beasiswa Swasta dan Korporat

Banyak perusahaan swasta dan korporat juga menyediakan beasiswa untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S2 di luar negeri. Selain memberikan dukungan finansial, beasiswa ini juga dapat membuka pintu kesempatan karir di perusahaan tersebut setelah lulus.

Nama BeasiswaDeskripsiKriteria
LPDPProgram beasiswa dari pemerintah Indonesia yang disponsori oleh beberapa perusahaan swasta.Warga negara Indonesia, telah diterima di universitas luar negeri terkemuka, memiliki IPK tinggi.
CheveningProgram beasiswa dari pemerintah Inggris yang disponsori oleh perusahaan-perusahaan swasta.Warga negara Indonesia, telah diterima di universitas di Inggris, memiliki pengalaman kerja dan kepemimpinan yang kuat.
Erasmus MundusProgram beasiswa dari Uni Eropa yang disponsori oleh beberapa perusahaan swasta.Warga negara Indonesia, telah diterima di program studi Erasmus Mundus, memiliki kemampuan bahasa Inggris yang kuat.

Untuk mendapatkan beasiswa swasta dan korporat, biasanya dibutuhkan proses seleksi yang ketat dan kompetitif. Selain itu, calon penerima beasiswa juga akan diwajibkan untuk menandatangani kontrak yang menetapkan persyaratan tertentu, seperti bekerja di perusahaan tersebut selama beberapa tahun setelah lulus.

Kriteria Umum Beasiswa S2 Luar Negeri

Untuk mendapatkan beasiswa S2 luar negeri, terdapat kriteria umum yang harus dipenuhi oleh calon penerima. Kriteria ini dapat mencakup:

  • Prestasi akademik: Sebagian besar beasiswa S2 luar negeri membutuhkan IPK yang baik. Beberapa beasiswa bahkan mensyaratkan IPK minimal 3.00 atau lebih tinggi.
  • Bahasa Inggris: Kebanyakan program studi yang ditawarkan dalam bahasa Inggris, memerlukan TOEFL atau IELTS dengan skor yang memadai.
  • Pengalaman kerja atau penelitian: Beberapa beasiswa membutuhkan pengalaman kerja atau penelitian yang cukup di bidang yang terkait dengan program studi yang dipilih.
  • Motivasi: Calon penerima harus menyampaikan tujuan studi yang jelas dan mengapa mereka memilih program studi tersebut.
  • Rekomendasi: Beberapa beasiswa membutuhkan surat rekomendasi dari fakultas atau supervisor akademik.
BACA INI :  Cara Dapatkan Beasiswa Kedokteran UGM Terbaru

Untuk meningkatkan peluang mendapatkan beasiswa, pastikan memenuhi semua kriteria yang diminta. Selain itu, sangat penting untuk mempersiapkan aplikasi sesuai dengan persyaratan yang diminta dan menunjukkan semangat dan motivasi yang tinggi.

Tips Mengamankan Beasiswa S2 Luar Negeri

Memperoleh beasiswa S2 luar negeri tidak mudah, namun dengan persiapan yang tepat, kamu bisa meningkatkan peluangmu. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantumu:

  1. Memulai persiapan dini. Pastikan kamu memiliki waktu yang cukup untuk mencari informasi, menyiapkan dokumen, dan memperbaiki kelemahan dalam akademik atau keahlian lainnya.
  2. Menyelami informasi sebanyak-banyaknya. Pahami kriteria dan persyaratan yang dibutuhkan oleh program beasiswa, termasuk batas waktu pengajuan dan jadwal seleksi.
  3. Memperkuat akademik dan bahasa. Sering-seringlah berlatih membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Pastikan nilai GPA atau kompetensi akademik lainnya memenuhi syarat.
  4. Berhubungan dengan alumni atau orang yang memperoleh beasiswa serupa. Mereka bisa memberikan tips atau pengalaman yang berguna. Cobalah bergabung dalam forum online atau mengikuti acara yang diadakan oleh kedutaan atau lembaga terkait.
  5. Menjaga reputasi akademik. Nilai dan prestasi akademik yang baik dapat membantu kamu memenangkan hati para juri seleksi beasiswa. Pastikan kamu selalu memperoleh nilai yang baik dan terlibat dalam kegiatan akademik yang dapat meningkatkan kredibilitasmu.
  6. Menulis personal statement dan surat rekomendasi yang baik. Personal statement yang baik bisa menarik perhatian para juri dan membedakanmu dari pelamar lainnya. Surat rekomendasi dari dosen atau pemberi referensi lainnya juga penting untuk membuktikan kredibilitasmu dan kemampuan akademik atau non-akademik yang dimiliki.

Dengan memperhatikan tips di atas, kamu bisa meningkatkan peluangmu untuk memperoleh beasiswa S2 luar negeri. Selalu ingat untuk terus memperbaiki diri dan berusaha sebaik mungkin. Semoga sukses!

Rekomendasi Beasiswa S2 Luar Negeri yang Mudah Didapatkan

Berikut adalah 12 beasiswa untuk S2 luar negeri yang relatif mudah didapatkan:

BeasiswaNegaraDeskripsiKriteriaBatas waktu
Fulbright Foreign Student ProgramAmerika SerikatBeasiswa penuh dengan biaya hidup, biaya kuliah, asuransi kesehatan, dll.Lulus S1 dengan IPK minimal 3,0 dan TOEFL minimal 550/IELTS minimal 6,0.1 Februari 2023
Chevening ScholarshipInggrisBiaya hidup, biaya kuliah, dan tiket pesawat pulang pergi termasuk.Lulus S1 atau setara dengan IPK minimal 3,0 dan TOEFL minimal 6,5.2 November 2023
Erasmus Mundus ScholarshipBanyak negara EropaBiaya hidup dan biaya kuliah tercakup selama 2 tahun.Lulus S1 dengan IPK minimal 3,0 dan TOEFL minimal 550/IELTS minimal 6,5.1 Desember 2023
AAS ScholarshipAustraliaBiaya kuliah, biaya hidup, dan tiket pesawat pulang pergi termasuk.Lulus S1 dengan IPK minimal 2,8 dan TOEFL minimal 550/IELTS minimal 6,5.15 Januari 2023
MEXT ScholarshipJepangBiaya hidup dan biaya kuliah tercakup selama 2 tahun.Lulus S1 dengan IPK minimal 3,0 dan bahasa Jepang minimal N2.31 Mei 2023
ADB-Japan Scholarship ProgramBanyak negara AsiaBiaya kuliah dan biaya hidup termasuk.Lulus S1 dengan IPK minimal 2,8 dan TOEFL minimal 550/IELTS minimal 6,5.Varies based on country of origin
KAUST ScholarshipArab SaudiBiaya kuliah, akomodasi, dan tunjangan hidup termasuk.Lulus S1 dengan IPK minimal 3,0 dan TOEFL minimal 79/IELTS minimal 6,0.Tidak tersedia
Erasmus+ ScholarshipBanyak negara EropaBiaya hidup dan biaya kuliah tercakup selama 2 tahun.Lulus S1 dengan IPK minimal 3,0 dan TOEFL minimal 550/IELTS minimal 6,5.Varies based on country of origin
MASRI ScholarshipMesirBiaya kuliah tercakup selama 2 tahun.Lulus S1 dengan IPK minimal 3,0 dan TOEFL minimal 500.1 Oktober 2023
LPDP ScholarshipIndonesiaBiaya kuliah dan biaya hidup tercakup selama 2 tahun.Lulus S1 dengan IPK minimal 3,0 dan TOEFL minimal 550/IELTS minimal 6,5.Varies based on program
AUN/SEED-Net ScholarshipBanyak negara Asia TenggaraBiaya kuliah termasuk dan tunjangan hidup sebesar $330 per bulan.Lulus S1 dengan IPK minimal 2,75 dan bahasa Inggris minimal 525 TOEFL/5,5 IELTS.Tidak tersedia
Monash University ScholarshipAustraliaBiaya kuliah tercakup selama 2 tahun.Lulus S1 dengan IPK minimal 3,2 dan TOEFL minimal 79/IELTS minimal 6,5.Varies based on program

Kesimpulan

Artikel ini telah membahas 12 beasiswa S2 luar negeri yang relatif mudah didapatkan bagi para pelajar Indonesia. Dalam mengejar pendidikan tinggi di luar negeri, biaya seringkali menjadi kendala utama. Oleh karena itu, mencari beasiswa dapat menjadi solusi yang efektif.

Berbagai jenis beasiswa telah dibahas dalam artikel ini, termasuk beasiswa pemerintah luar negeri, beasiswa universitas luar negeri, beasiswa organisasi internasional, dan beasiswa dari perusahaan swasta dan korporat. Artikel ini juga menyoroti kriteria umum dan tips untuk mendapatkan beasiswa S2 luar negeri.

Diharapkan dengan membaca artikel ini, pembaca dapat menemukan beasiswa yang cocok dengan kebutuhan dan kualifikasi mereka. Kami mendorong para pembaca untuk memanfaatkan kesempatan ini dan mengikuti proses aplikasi dengan tekun dan teliti. Semoga sukses dalam mengejar pendidikan tinggi di luar negeri!

Avatar photo
Author - Tipscermat.com

Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indonesia

Magister Ilmu Komunikasi di Universitas Gajah Mada

Dosen Educational Sciences at Universitas Indonesia

English Teacher at Ruangguru.com

Content Writer at Kompas.com

Menggeluti bidang pendidikan dan informasi pendidikan seputar universitas, beasiswa, jurusan kuliah, dan berpengalaman sebagai pengajar bahasa inggris sejak tahun 2019.

More Posts
Back to top button